Selain untuk Kesehatan Tulang, Susu kambing Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

ilustrasi susu kambing by Boldsky

kesehatan

Selain untuk Kesehatan Tulang, Susu kambing Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Kamis, 16 Desember 2021 23:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi Anda yang belum begitu paham dengan manfaat susu kambing, mungkin membaca beberapa penjelasan berikut ini bisa menjadi referensi yang bisa Anda ketahui. Berikut ini beberapa penjelasan tentang manfaat susu kambing untuk kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Bagi anda yang belum tahu bahwa mengkonsumsi susu kambing secara rutin sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Hal ini bisa terjadi karena kandungan kalsium yang sangat tinggi dalam susu kambing. Dalam setiap satu gelas susu kambing (± 235 ml) terdapat sekitar 230 mg kalsium.

2. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Seperti yang Anda ketahui, tekstur susu kambing sangat berbeda dengan susu sapi, karena susu kambing memiliki tekstur yang lebih kental dan lembut. Selain itu, protein dalam susu kambing juga dipercaya lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan dibandingkan protein lainnya.

Selain itu, hal yang perlu Anda ketahui saat mengonsumsi susu kambing adalah mengandung prebiotik yang berfungsi sebagai bakteri baik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

3. Meringankan Gejala Psoriasis

Satu studi kasus yang diterima menemukan bahwa beberapa orang dengan psoriasis mengalami perbaikan ketika mereka mengganti susu sapi dengan susu kambing. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut terkait kasus ini.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Sistem kekebalan tubuh manusia harus selalu dijaga dengan baik agar seseorang tidak mudah terkena berbagai jenis penyakit. Seperti yang Anda ketahui bahwa selenium berperan aktif dalam menjalankan sistem kekebalan tubuh.

Principal Scientist DGC Dokter Liz Carpenter mengatakan susu kambing secara alami mengandung protein A2 beta casein yang strukturnya lebih lembut dan mudah dicerna oleh anak-anak. Susu kambing juga mengandung zat bioaktif alami Nukleotida yang berperan dalam perkembangan sistem imun khususnya pembentukan antibodi pasca-vaksinasi. Inilah yang membedakannya dengan susu lain.

“Berdasarkan hasil uji klinis yang kami lakukan terhadap 300 anak di Adelaide, Australia, anak yang minum susu kambing formula mengalami pertumbuhan berat badan yang normal dan pencernaan yang lebih sehat.” papar Liz dalam keterangan pers, Kamis 16 Desember 2021. 

Menurut penuturan Keith Arnold, Farm Shareholder Service Manager DGC,sebagai negara peternakan yang alami, pemerintah New Zealand mempunyai aturan yang ketat tentang kesejahteraan hewan. DGC sendiri menerapkan kode praktis peternakan yang lebih ketat dari itu, bahkan sudah menjadi patokan standard kelas dunia.

“Susu kambing diperah di peternakan dan langsung dibawa ke pabrik dengan truk khusus yang dilapisi insulator untuk menjaga kestabilan suhu susu selama perjalanan. Tujuannya agar kualitas nutrisi alami di dalam susu tetap terjaga dengan baik.” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Ipu Hapi, Manufacturing General Manager dari Dairy Goat Co-operative, New Zealand mengemukakan bahwa proses produksi Karihome menggunakan susu kambing utuh dan melalui proses yang lebih sederhana dengan hanya 1x pemanasan suhu tinggi untuk menjaga nutrisi alaminya. Ipu juga menjelaskan bahwa seluruh proses mulai dari pemerahan hingga pengemasan dikelola di satu tempat yang sama untuk memastikan keamanan dan kualitas produk hingga ke tangan konsumen.

Orient EuroPharma (OEP) meluncurkan Karihome, produk susu kambing formula pertama di Indonesia pada Sabtu, 18 Desember 2021. Susu kambing formula Karihome merupakan hasil inovasi Dairy Goat Co-operative, produsen susu asal New Zealand, yang telah bermitra dengan OEP sejak 30 tahun yang lalu.

“Susu kambing formula Karihome banyak diminati di luar negeri, seperti di Malaysia, Singapura, Taiwan, China, dan Hong Kong. Kini Karihome hadir di Indonesia untuk mendukung para ibu yang menginginkan nutrisi lebih alami untuk tumbuh kembang si Kecil. Karihome percaya bahwa ASI adalah yang terbaik, sehingga produk susu kambing formula Karihome diformulasikan mengacu pada ASI sebagai gold standard.” kata Direktur Orient EuroPharma Indonesia, Yohanes Peter Wijaya.

Baca: Khasiat Susu Kambing untuk Masalah Kulit, Cegah Jerawat Hingga Keriput

SHARE HEALTHY