Jangan Canggung, Bicarakan 3 Hal Ini dengan Pasangan sebelum Menikah

Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Wayhomestudio

cinta

Jangan Canggung, Bicarakan 3 Hal Ini dengan Pasangan sebelum Menikah

Kamis, 2 Desember 2021 18:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Dari memilih tempat terbaik untuk bulan madu, tema pesta hingga busana pengantin, sejumlah orang kerap mendiskusikan hal-hal yang terkait selebrasi dengan calon suami. Tapi ada hal penting lain yang tak boleh lupa dibicarakan sebelum menikah, yaitu kehidupan pernikahan. 

Beberapa di antara kita jarang mendiskusikan bagaimana menjalani dan menangani hal-hal baru dalam rumah tangga. Sebagai gambarannya, berikut adalah tiga hal yang wajib didiskusikan dengan pasangan sebelum menikah agar menjalani kehidupan pernikahan yang solid dan bahagia.

1. Keuangan

Beberapa orang mungkin berpikir terlalu canggung untuk membahas uang sebelum menikah. Diskusikan bagaimana Anda berdua akan menangani berbagai hal, misalnya apakah Anda akan membayar tagihan bersama-sama atau ditanggung oleh salah satu pasangan saja, siapa yang akan membayar cicilan rumah atau mobil.

Semakin banyak Anda berdiskusi, semakin jelas semuanya. Jadi, hilangkan kecanggungan dan bicarakan tentang uang.

2. Pekerjaan 

Jika Anda berdua bekerja dan pekerjaan Anda tidak memungkinkan Anda untuk bekerja dari rumah, penting untuk mendiskusikan bagaimana ke depannya. Sebab ada beberapa calon suami yang menginginkan istrinya nanti fokus dengan kehidupan rumah tangga. Akhirnya, mereka meminta kerelaan istri berhenti bekerja dan mengelola bisnis dari rumah, misalnya. Penting untuk memikirkannya terlebih dahulu, sehingga tidak ada di antara Anda yang harus mengambil keputusan dengan tergesa-gesa setelah menikah.

Evaluasi semua pro dan kontra, lakukan perhitungan, dan buat keputusan yang bijaksana. Pastikan Anda berdua sepakat dengan keputusan, jangan sampai terbebani melakukannya demi membahagiakan pasangan.

Jika sulit untuk membuat keputusan bersama, minta keringanan dari perusahaan Anda untuk bekerja dari rumah selama beberapa waktu. Ini akan memberi Anda cukup waktu untuk berpikir dan mengambil keputusan.

3. Tempat tinggal

Sama seperti hal lainnya, penting untuk mendiskusikan apakah Anda berdua akan pindah ke rumah baru atau tinggal bersama mertua. Pikirkan secara mendalam dan matang, ihat apa yang dibutuhkan Anda berdua.

Kebanyakan orang menginginkan privasi dan mungkin ingin pindah ke rumah baru dan beberapa mungkin ingin menikmati waktu bersama keluarga. Bagaimanapun, itu harus menjadi kesepakatan Anda. Jadi, alih-alih bertengkar, cobalah dan pahami pandangan orang lain, hargai mereka, lalu tunjukkan pendapat Anda.

Jika Anda berencana menikah dalam waktu dekat ini, jangan lupa luangkan waktu untuk mendiskusikan topik-topik di atas.

Baca juga: Dear Ladies, Pikir Ulang Kalau Mau Menikah dengan 7 Tipe Pria Ini