Wasir usai Melahirkan Bisa Disembuhkan Menurut Dokter

Ilustrasi wanita wasir. fightstate.com

kesehatan

Wasir usai Melahirkan Bisa Disembuhkan Menurut Dokter

Kamis, 2 Desember 2021 12:15 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Wasir atau pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar anus yang muncul setelah hamil dan melahirkan bisa sembuh sendiri atau disembuhkan asal tidak terlambat menanganinya.

"Sayangnya tidak bisa (dicegah). Ketika sudah selesai melahirkan dan muncul wasir, segera kontrol ke dokter untuk segera dilakukan penanganan sebelum memberat," kata dokter spesialis bedah dari Perguruan Tinggi Negeri Universitas Udayana, Bali, dr. Heru Sutanto K, SpB dalam webinar yang digelar Vipmed Specialist Team bertema "Ambeien: Cara Mencegah Dan Solusinya", Rabu malam, 1 Desember 2021.

Menurut Heru, kehamilan menjadi faktor risiko wasir. Tetapi pada kebanyakan kasus, setelah wanita melahirkan, maka wasir menutup sendiri karena tekanan berkurang, misalnya karena memang anatomi tubuh normal sehingga itu menghilang.

"Ketika sudah melahirkan tekanan berkurang diharapkan bisa kembali. Kalau tidak bisa kembali, itu didiagnosis sakit ambeien," ujarnya.

Saat melahirkan, mengejan juga bisa menjadi penyebab munculnya wasir. Walau begitu, bukan berarti melahirkan dengan cara caesar atau c-section menjadi pilihan demi menghindari seorang wanita terkena ambeien. Heru mengatakan risiko caesar lebih tinggi ketimbang ambeien.

Ambeien umumnya muncul akibat lemahnya pembuluh darah dan tidak adanya katup yang mengatur aliran darah. Ketika katup bermasalah, yang terjadi pembuluh darah di bawah tinggi.

Selain kehamilan, faktor risiko orang terkena wasir salah satunya bawaan tubuh seperti struktur anatomi yang lemah seperti pembuluh darah mudah pecah atau katup di dalam pembuluh darah lemah.

Di sisi lain, ada faktor luar seperti pola makan, gaya hidup tidak aktif, kehamilan, kotoran atau feses keras sehingga sering mengejan, keturunan, kelainan pembuluh darah dan obesitas karena menyebabkan otot-otot bagian bawah sering berkontraksi.

Usia juga menjadi faktor risiko wasir karena semakin tua usia, semakin lemah otot-otot di bawah maka pembuluh darah pun lemah sehingga membesar.