Cara Dian Sastro Kenalkan Cinta Lingkungan pada Anak, Mulai dari Keluarga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Dian Sastro ungkap cara meminimalisir konsumsi fast fashion/Foto: Ecka Pramita

Dian Sastro ungkap cara meminimalisir konsumsi fast fashion/Foto: Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta   Banyak cara mengenalkan pesan mencintai bumi dan lingkungan pada anak sedari mereka kecil. Semangat itulah yang dijalankan oleh aktris peran Dian Sastrowardoyo atau Dian Sastro.

Menurut ibu dua anak ini, kepedulian terhadap isu lingkungan hidup dapat dimulai dari rumah dengan melakukan hal-hal sederhana; seperti misalnya bertanam, hingga memilah sampah plastik, dan penggunaan pakaian yang ramah lingkungan.

"Gimana yah, aku melihat semakin ke sini, isu lingkungan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Kalau kita literated dan well-informed soal isu ini, pasti sadar betul isu lingkungan ini harus masuk sampai di unit terkecil dalam kehidupan kita, yaitu keluarga," kata Dian di acara Idea Fest, Jumat 26 November 2021 di Jakarta.

Keluarga yang dimaksud oleh pemeran Aruna dalam film Aruna dan Lidahnya ini mengatakan orang tua sebagai role model khususnya sosok ibu yang memegang peran penting dalam mendampingi dan mengedukasi anak-anak mereka sejak dini terkait peduli lingkungan.

"Ibu kan sebagai sosok guru di keluarga. Jadi, kalau misal kita bicara edukasi, kita juga bicara bahwa itu dimulai dari keluarga. Isu lingkungan hidup benar-benar dijadikan hal yang penting untuk diangkat," kata Dian.

"Selain itu, kita sekarang rasanya sudah terpisah banget sama alam. Jadi, aku merasa untuk bisa punya impact kita harus memulai, dan bisa dari keluarga dulu."

Perempuan 39 tahun ini mengaku sebelumnya sangat jauh dengan isu ini. Ia mengatakan hatinya banyak tergerak setelah menonton ragam film dokumenter yang menurutnya mampu meningkatkan kesadaran (awareness) secara luas.

"Menurut saya untuk meningkatkan awareness dan kepekaan kolektif, kita perlu pelan-pelan memulai misalnya dari lifestyle, fesyen, hingga lifestyle menonton film di bioskop. Edukasi bukan hanya terjadi di sekolah, tapi juga terjadi di dalam lifestyle kita sehari-hari," lanjut Dian.

Semangat Dian mengenalkan lingkungan pada anak-anaknya juga menjadi salah satu pilar utama dari Yayasan Dian Sastrowardoyo (YDS) dan penting sekali kita pahami bahwa masalah lingkungan hidup, deforestasi hutan, dan perubahan iklim ekstrim itu adalah masalah serius, sehingga kita perlu mencegahnya dengan melakukan tindakan nyata.

"Sayangnya, banyak pihak yang tahu namun belum banyak yang peduli. Bara “The Flame”. adalah salah satu contoh alat edukasi yang sangat efektif. Saya berharap, semoga diskusi kami di Ideafest 2021 dapat menjelaskan faktor penting dari permasalahan lingkungan dan bisa memberikan contoh tindakan yang baik untuk masa depan hutan di Indonesia," pungkas Dian.

Baca: Cara Dian Sastro Meminimalisir Tren Fast Fashion, Pakai Baju Lama

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."