Pecinta Buku, British Council Rilis Perpustakaan Digital Gratis di Indonesia

Ilustrasi bekerja di era digital. Foto: Freepik

ragam

Pecinta Buku, British Council Rilis Perpustakaan Digital Gratis di Indonesia

Sabtu, 27 November 2021 09:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, JakartaBritish Council meluncurkan secara resmi Digital Library pada 25 November 2021. Perpustakaan digital itu harapannya bisa menjadi salah satu cara kreatif untuk memfasilitasi akses, kesempatan, dan membuka koneksi untuk sumber – sumber pendidikan, seni dan budaya berkualitas secara online.

Country Director, British Council Indonesia Hugh Moffatt mengatakan dengan waktu yang terus berubah, timnya ingin terus melanjutkan upaya untuk menghubungkan Indonesia dengan pengetahuan dan berbagai sumber terbaik dari Inggris. "Digital Library terbaru ini menawarkan sesuatu untuk semua orang – dari Harry Potter sampai The Economist, dari konser – konser musik live dan sumber praktis untuk pengembangan profesional, yang dapat dininkmati dan diakses di manapun, dan kapan pun,” katanya dalam keterangan pers pada 25 November 2021.

Hugh mengatakan saat ini sangat penting untuk memfasilitasi pertukaran budaya dan kolaborasi. Ia berharap berbagai generasi dapat memanfaatkan Digital Library sebagai pusat budaya dan kreativitas. "Dan memperoleh manfaat juga dari berbagai sumber – sumber yang kami kumpulkan dan pusatkan di digital library yang unik ini,” kata Hugh melanjutkan.

Sejarah perpustakaan British Council di Indonesia cukup panjang, sebelumnya terdapat gedung perpustakaan yang dimiliki British Council Indonesia sejak pertama kali hadir di Indonesia pada 1948. Kini dengan memanfaatkan ranah digital, Digital Library terbaru dari British Council akan menyediakan para pengguna dengan akses tidak terbatas ke ribuan sumber hiburan dan akademis – termasuk di dalamnya sumber belajar, eBooks populer dan audiobooks serta film dan dokumenter pemenang penghargaan.

Melaui Digital Library, Hugh juga berharap untuk mendukung penelitian, pengajaran dan pembelajaran online dengan berbagai konten, mulai dari sumber akademis online, hingga elektronik dan audiobook. Digital Library merupakan gerbang menuju informasi digital yang gratis dan mudah diakses, menyediakan perspektif global dan materi yang sudah terkurasi dari berbagai sumber dalam satu tempat.

British Council/British Council

Untuk penikmat seni dan budaya, sebagai anggota Digital Library, Anda akan mendapatkan akses berbagai pilihan film – film populer dan independen, teater digital, serta Selector Radio British Council yang dapat diakses melalui Digital Library akan membuka batasan – batasan fisik dalam mengakses musik dan terkoneksi dengan ahli musik serta artis dari Inggris.

Anggota Digital Library di Indonesia juga bisa mendapatkan akses sebanyak 2.400 koran dari 100 negara. Anggota pun bisa membaca 4 ribu majalah di dunia yang dapat dibaca dari layar komputer maupun telepon genggam. Anggota perpustakaan juga dapat secara langsung memilih edisi terbaru maupun terdahulu, dan menambahkan pilihan tersebut ke dalam pustaka bacaan pribadi tanpa menunggu maupun tanpa jangka waktu serta tidak ada batasan untuk jumlah majalah yang dapat dibaca. Anggota Digital Library juga bisa mengakses eBooks dan Audio Books lebih dari 3 ribu judul dari para penerbit dan pengarang populer. Bagi para pecinta komik dan novel grafis, ada pula 1.500 koleksi untuk segala umur di perpustakaan.

Bagi para pecinta musik, Digital Library dari British Council ini pun memiliki 1.500 koleksi momen live musik, konser – konser serta dokumenter musik dapat dinikmati secara on-demand melalui berbagai alat digital. Ada pula 7 ribu film Independen hingga box office yang dapat diakses secara digital. Anggota Digital Library dapat secara langsung melihat dan menonton ribuan judul dari seluruh dunia, termasuk yang terbaik dari klasik TV, horor, komedi, festival film kesayangan. Ada pula 600 koleksi teater untuk pengajar dan murid termasuk di dalamnya berbagai diskusi dari para praktisi teater.

Anda pun bisa mengakses 100 ribu buku akademis dari berbagai sumber praktis untuk riset dan penelitian termasuk Antropologi, Ekonomi dan Bisnis, Komputer dan IT, Pendidikan, Teknik dan Teknologi, Seni Rupa, Bahasa dan Sastra, Hukum, Sains Kehidupan, Kedokteran, Ilmu Fisika, Psikologi, Ilmu Agama serta Ilmu Sosial di perpustakaan itu. Ada pula koleksi pelatihan perangkat lunak untuk untuk berbagai aplikasi dan alat perangkat lunak, termasuk Microsoft Office, Adobe Creative, Creative Suite, google Docs dan iPad yang bisa Anda akses di perpustakaan digital itu.

Untuk mendaftar sebagai anggota Digital Library, Anda bisa menelusuri https://www.britishcouncil.id/en/digital-library . Keanggotaan akan bebas biaya dan pengguna harus lebih dari umur 18 tahun.