Tahun Depan, Brit Awards Perdana Perkenalkan Kategori Netral Gender

Dua Lipa di Brit Awards 2021 (tangkapan layar Youtube)

ragam

Tahun Depan, Brit Awards Perdana Perkenalkan Kategori Netral Gender

Selasa, 23 November 2021 12:11 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penghargaan musik pop Inggris, Brit Awards (BRITs), bakal menghilangkan kategori perempuan dan laki-laki mulai tahun depan, dan memperkenalkan penghargaan netral gender untuk artis lokal dan internasional, kata penyelenggara, dikutip dari Reuters, Senin.

Para penampil sekarang akan mencalonkan diri untuk kategori Artis Tahun Ini atau Artis Internasional Tahun Ini pada upacara tahunan, yang selanjutnya akan berlangsung pada 8 Februari 2022.

"Penting bagi BRITs untuk terus berevolusi dan bertujuan untuk menjadi seinklusif mungkin," kata ketua BRIsT dan Co-Presiden Polydor Records Tom March dalam sebuah pernyataan.

"Rasanya benar-benar waktu yang tepat untuk merayakan pencapaian artis untuk musik yang mereka ciptakan, dan pekerjaan yang mereka lakukan, terlepas dari jenis kelaminnya," ujarnya menambahkan.

BRIT Awards mengikuti jejak acara atau acara penghargaan lain yang telah menghapus klasifikasi gender.

Pada bulan September, Festival Film San Sebastian menyerahkan penghargaan akting netral gender pertamanya, untuk Penampilan Terbaik kepada pemenang bersama Jessica Chastain dan Flora Ofelia Hofmann Lindahl.

BRIT Awards tahun depan, yang merupakan acara penghargaan edisi ke-42, juga akan memberikan nominasi kepada artis-artis unggulan dalam kategori lagu terbaik tahun ini. Hingga saat ini, hanya artis utama atau kolaborator bernama yang diakui sebagai nominasi untuk penghargaan tersebut.

Empat penghargaan genre baru juga akan diperkenalkan untuk menampilkan berbagai gaya musik, yaitu alternative/rock, hip-hop/grime/rap, dance, dan pop/R'n'B. Keempatnya akan dipilih oleh publik.

Komedian Inggris Mo Gilligan akan menjadi pembawa acara, sementara tim artistik Block9 akan membantu dengan desainnya.

"Brit Awards bukan hanya perayaan musik Inggris, mereka adalah cerminan budaya Inggris," kata Kepala Eksekutif British Phonographic Industry dan BRIT Awards, Geoff Taylor.

Menurut Taylor, sejumlah perubahan yang dibuat untuk Brit Awards 2022 bisa berarti lebih banyak untuk penggemar baru, lebih banyak keterlibatan, dan platform global yang lebih besar dari sebelumnya untuk para artis.

Baca juga: Song Joong Ki hingga Amanda Manopo Menang di Seoul International Drama Awards