L'oreal Beauty Goes Green, Bikin Kemasan Ramah Lingkungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi paket. Pixabay

Ilustrasi paket. Pixabay

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaL'Oréal memperkenalkan kemasan ramah lingkungan  sebagai bagian dari kampanye beauty goes green. Bekerja sama dengan e-commerce Shopee, L'oreal memberikan pengalaman belanja online yang lebih ramah lingkungan dengan meniadakan plastik sebagai pembungkus tambahan.

Program kolaboratif tersebut mengganti kemasan yang selama ini menggunakan bubble wrap dan selotip plastik menjadi bahan kertas. 

Tiga komponen utama kemasan kirim, yakni mengganti bubble wrap menjadi flute liner yang berbahan kertas, mengganti selotip plastik menjadi selotip kertas, dan menggunakan kardus yang telah menerima sertifikasi CoC (Chain of Custody) dari FSC (Forest Stewardship Council), di mana asal usul bahan baku yang digunakan dalam proses produksinya dipastikan berasal dari sumber yang bertanggung jawab.

Dengan program tersebut, L'Oréal Indonesia memperkirakan bisa mengurangi sekitar 48 ton plastik dalam satu tahun. Jumlah tersebut diperkirakan setara dengan sampah tiga juta botol air mineral.

Menurut Martin Crosnier, General Manager Consumer Product Division, L'Oréal Indonesia, ini salah satu langkah mereka mengambil peran untuk membawa perubahan dalam mengajak konsumen daring untuk memulai kebiasaan konsumsi yang lebih berkelanjutan. 

Konferensi pers daring L'oreal Beauty Goes Green pada Rabu, 17 November 2021. Foto: tangkapan layar Zoom

“Kami sadar mengganti kemasan kirim yang lebih ramah lingkungan merupakan langkah awal namun perlu diambil sekarang. Untuk menuju keberlanjutan, komitmen jangka panjang ini perlu terus mengembangkan upaya kolaboratif bersama para mitra, konsumen dan pemerintah. L’Oréal berkomitmen untuk mengurangi dampak terhadap planet ini dan berinovasi untuk masa depan yang berkelanjutan, sebagai pemimpin transformasi di industri kecantikan,” sambung Martin dalam konferensi pers daring, Rabu, 17 November 2021.

Kemasan ramah lingkungan ini diterapkan pada empat official store di Shopee, yaitu Garnier, Garnier Men, Maybelline, dan L'Oreal Paris. Mulai 18 November 2021, konsumen yang berbelanja dari store keempat mereka itu di Shopee mendapatkan kemasan kirim baru itu.

Ini bukan kali pertama L'Oreal Indonesia menginisiasi kampanye ramah lingkungan. Sejak beberapa tahun silam, L'oreal Indonesia sudah menerapkan prinsip reduction, reuse, dan reclaim untuk meningkatkan kepedulian ramah lingkungan. Salah satu contohnya, kemasan dan desain produk sejumlah produk L'Oreal disesuaikan agar lebih ramah lingkungan.

Baca juga: 4 Perempuan Peneliti Raih Penghargaan L'Oreal - UNESCO FWIS 2019

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."