Gerai Pertama di Luar Jawa, IKEA Buka Cabang di Bali

IKEA Jakarta Garden City. Ikea.co.id

ragam

Gerai Pertama di Luar Jawa, IKEA Buka Cabang di Bali

Kamis, 18 November 2021 17:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk pertama kalinya, IKEA hadir di luar Pulau Jawa. Lebih tepatnya, IKEA membuka gerai di Pulau Bali, Kamis 18 November 2021.

President Director PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia), Patrik Lindvall, mengatakan ukuran toko IKEA di Bali yaitu 1200 meter persegi. Ukuran itu, kata Patrik, memang lebih kecil dibanding toko di Jakarta.

Tak cuma menjual produk-produk perabotan dari Swedia, gerai IKEA juga memamerkan dan menjual produk UMKM lokal melalui kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM Setempat melalui program Teras Indonesia. "Ini bukan program sementara, tapi akan terus berlanjut," kata President Director PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia), Patrik Lindvall, dalam konferensi pers daring, Kamis 18 November 2021.

Patrik mengatakan pihaknya ingin terus bekerja sama dengan UMKM lokal sehingga berdampak positif kepada program Teras Indonesia. Ini disebutnya sebagai komitmen untuk membawa perubahan dan dampak positif bagi masyarakat Bali dan komunitas setempat. Dalam Teras Indonesia, UMKM lokal bisa menjual produk-produk mereka di area dalam IKEA Bali.

Tim IKEA Bali sebagian besar direkrut secara lokal dan IKEA menyambut anggota baru untuk bergabung dan mengembangkan karir mereka bersama.

Sejalan dengan misi keberlanjutan IKEA dan untuk mendukung gaya hidup masyarakat Bali, IKEA Bali juga menerapkan berbagai upaya keberlanjutan dengan menyediakan rangkaian solusi perabot rumah tangga ramah lingkungan. Selain itu, sebagai bentuk apresiasi dan upaya pelestarian budaya lokal, seluruh co-worker IKEA Bali akan menggunakan seragam pakaian tradisional Bali.

IKEA Bali juga menghiasi bangunannya dengan lukisan mural dan patung kuda DALA yang terinspirasi dari budaya Bali yang merupakan bentuk kolaborasi bersama seniman lokal, Citra Sasmita. Karya seni itu menyiratkan pesan tentang kenyamanan, kehangatan, dan harmoni di tengah keluarga.

Duta Besar Swedia untuk Indonesia Marina Berg mengatakan pembukaan gerai baru ini memperkuat hubungan antara Indonesia dan IKEA, begitu pula dengan hubungan antara Indonesia dan Swedia. "Saya merasa bangga dan bahagia melihat desain Swedia sampai ke hati orang Indonesia," kata Marina.

Sekretaris Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa mengatakan semoga dengan adanya gerai IKEA di Bali, khususnya Badung, bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja di Pulau Dewata itu. Ia mengatakan wabah Covid-19 membuat banyak pekerja di Bali mengalami masa sulit. "Banyak yang kerja di bidang pariwisata, saat Covid-19 ada membuat ekonomi Bali luluh lantak. Dengan adanya IKEA, semoga ada peluang besar dalam kesejahteraan masyarakat kami," katanya.

Bisnis IKEA di Indonesia dikelola di bawah hak waralaba eksklusif yang diberikan kepada PT Rumah Mebel Nusantara. Toko IKEA pertama di Indonesia dibuka di Alam Sutera pada 15 Oktober 2014, toko kedua berada di Sentul City yang buka pada 28 November 2019, toko IKEA ketiga berada di Kota Baru Parahyangan yang buka pada 28 Maret 2021, dan toko keempat berada di Jakarta Garden City yang buka pada 16 September 2021. Tahun 2022, IKEA berencana membuka toko baru di Mal Taman Anggrek, Jakarta.

Baca: Lemari Dapur IKEA dari Botol Air Mineral, Seperti Apa Bentuknya