Klepon hingga Balapis, Camilan yang Disiapkan Retno Marsudi untuk Menlu Inggris

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss. Foto: Instagram/@retno_marsudi

kuliner

Klepon hingga Balapis, Camilan yang Disiapkan Retno Marsudi untuk Menlu Inggris

Selasa, 16 November 2021 18:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Luar Negeri atau Menlu Indonesia Retno Marsudi kerap membagikan aktivitasnya melalui akun media sosialnya. Yang terbaru, ia membagikan foto saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss di Jakarta pada pekan lalu, tepatnya Rabu 10 November 2021.

Di slide foto pertama, tampak keduanya duduk di kursi meja makan bundar yang ditutupi taplak warna putih. Menlu Liz Truss mengenakan blus biru dan blazer hitam. Ia melengkapi penampilannya dengan kalung emas dan masker biru bermotif. Adapun Retno tampil simpel dalam balutan busana hitam seperti gaya andalannya. Tak lupa, Retno memakai kalung mutiara yang juga menjadi ciri khasnya dan masker warna abu-abu.

Pertemuan kedua menteri luar negeri itu berlangsung di pagi hari, sehingga hidangan yang disiapkan camilan pendamping minum teh. Jenis camilan yang disiapkan merupakan kuliner khas Indonesia, seperti klepon, cantik manis hingga balapis.

"Karena ini adalah kunjungan pertama Sekretaris Liz ke Indonesia,… ingin memperkenalkan Indonesia ke Liz… dan cara apa yang lebih baik selain melalui kekayaan kuliner Indonesia," tulisnya di Instagram, Selasa, 16 November 2021.

Hidangan yang disiapkan saat menyambut kunjungan Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss ke Jakarta pada Rabu, 10 November 2021. Foto: Instagram/@retno_marsudi

"Untuk itu… saya siapkan Morning Tea a la Indonesia … teh dan kopi ditemani oleh sejumlah kudapan manis dan asin … mulai dari Balapis, Ketan Serundeng, Putri Mandi, Cakalang Puff, Klepon dan Cantik Manis," lanjut sahabat Menteri Keuangan Sri Mulyani ini.

Camilan khas Indonesia itu tampak dihidangkan di atas piring saji warna putih tiga tingkat. Klepon dan cantik manis pink tersaji di piring paling atas. Kemudian balapis dan putri mandi tersaji di piring tingkat dua.

Menurut Retno, di pertemuan itu, mereka membicarakan upaya penguatan kerjasama dalam pemulihan ekonomi paska pandemi, kesehatan serta kerja sama di kawasan termasuk dalam kerangka ASEAN.

Selain kerap berbagi aktivitasnya sebagai pembantu presiden, Retno juga beberapa kali menunjukkan kebersamaannya dengan keluarga. Baru-baru ini, membagikan kabar bahagia menyambut kelahiran cucu keduanya pada akhir Oktober silam. Cucu keduanya berjenis kelamin laki-laki seperti cucu pertamanya. 

Baca juga: Gaya Retno Marsudi saat Menerima Bintang Mahaputera Elegan Berbatik Biru