Gaya Retno Marsudi saat Menerima Bintang Mahaputera Elegan Berbatik Biru

Mentri Luar Negeri Retno Marsudi saat menerima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputra dari Presiden Jokowi, Rabu 11 November 2020. Instagram.com/@retnomarsudi

mode

Gaya Retno Marsudi saat Menerima Bintang Mahaputera Elegan Berbatik Biru

Rabu, 11 November 2020 20:59 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Retno Marsudi menerima tanda Kehormatan Bintang Mahaputera dari Presiden Joko Widodo. Menteri Luar Negeri ini mengunggah momen-momen saat menerima penghargaan di Instagram-nya, Rabu, 11 November 2020. 

Retno Marsudi terlihat anggun mengenakan blouse batik bernuansa biru dipasangkan dengan kain batik berwarna senada. Sebagai pelengkap penampilannya, ia memilih flat shoes berwarna cokelat hitam, serta aksesori berupa anting besar. Sementara rambut pendeknya ditata mengenakan sanggul rendah.  

Retno mengaku bahwa ini adalah keinginannya yang tidak berani ia sampaikan kepada siapapun. Mimpi itu berawal ketika ia menonton televisi saat kecil. "Saya menonton TV dan melihat orang di-anugerahi Bintang Mahaputera," katanya dalam keterangan unggahannya. Ia pun berpikir bahwa penerima penghargaan itu pasti berbangga hati menerima penghargaan Bintang Mahaputera. "Sejak itu, ada keinginan yang terpendam dalam sekali dan bahkan tidak berani saya sampaikan kepada siapapun."

Meski begitu tak dipungkiri, keinginan untuk mendapatkan penghargaan itu tetap ada. Hari ini, mimpi Retno menjadi kenyataan. "Hari ini, mimpi dan doa itu dikabulkan Allah. Presiden RI memberikan bintang Mahaputera Adipradana kepada saya," katanya.

Retno Marsudi bersyukur dan berterima kasih atas anugerah yang diterimanya. "Alhamdullillah dan terimakasih. Insha Allah, saya akan terus berusaha sekuat tenaga memberikan yang terbaik untuk negeri ini," katanya mengakhiri judul kisah singkatnya dengan 'Chase Your Dreams' atau 'Kejarlah Mimpimu'.

Presiden Jokowi menganugerahkan gelar tanda jasa dan tanda kehormatan kepada 71 pejabat negara/mantan pejabat negara pada Kabinet Kerja 2014-2019 dan ahli waris dari para tenaga medis dan tenaga kesehatan yang gugur dalam menangani Covid-19, melalui Keputusan Presiden RI Nomor 118 dan 119/TK/TH 2020 tanggal 6 November 2020 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera. Penyematan bintang jasa dilakukan di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, 11 November 2020.

Selain Retno Marsudi, beberapa pejabat serta mantan pejabat yang menerima tanda Kehormatan Bintang Mahaputera diantaranya adalah Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI 2014-2019 Siti Nurbaya Bakar, Menteri Badan Usaha Milik Negara RI 2014-2019 Rini Soemarno, Menteri Sosial RI 2014-2018 Khofifah Indar Parawansa, Menteri Kesehatan RI 2014-2019 Nila Moeloek, Menteri Kelautan dan Perikanan RI 2014-2019 Susi Pudjiastuti. 

MITRA TARIGAN | NIA PRATIWI