Menangis Tiap Malam, Bella Hadid Ungkap Masalah Kesehatan Mental

Model Bella Hadid berpose saat menghadiri pemutaran film "Tre piani" (Tiga Lantai) dalam acara Festival Film Cannes ke-74 di Cannes, Prancis, 11 Juli 2021. Bella Hadid tampil dengan gaun dada terbuka yang ditutupi oleh kalung dramatis yang melengkapi penampilannya dengan anting-anting ruby besar dan cincin ruby.. REUTERS/Reinhard Krause

kesehatan

Menangis Tiap Malam, Bella Hadid Ungkap Masalah Kesehatan Mental

Rabu, 10 November 2021 14:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Isabella Khair Hadid atau akrab disapa Bella Hadid mengungkapkan bahwa dia menangis hampir setiap hari dan malam selama beberapa tahun terakhir. Bella mengunggah foto saat dirinya menangis di laman Instagram, Selasa 9 November 2021.

Supermodel ini mengingatkan pengikutnya bahwa media sosial bukanlah kehidupan nyata. “Untuk siapa pun yang berjuang, terkadang yang harus Anda dengar adalah bahwa Anda tidak sendirian. Jadi dari saya untuk Anda, Anda tidak sendirian. Aku mencintaimu, aku melihatmu, dan aku mendengarmu. Harap ingat itu.”

Melansir laman Page Six, Rabu 10 November 2021, perempuan 25 tahun ini memberi tahu para penggemarnya bahwa masalah kesehatan mental dan ketidakseimbangan bukanlah hal yang linier, tetapi seperti kita bermain roller coaster yang naik turun dan miring ke sisi kiri atau kanan.

Namun, walah naik turun, adik supermodel Gigi Hadid ini meyakinkan para pengikutnya bahwa selalu ada cahaya di ujung terowongan. "Roller coaster selalu berhenti di beberapa titik dan itu lebih baik," ungkapnya.

Bella melanjutkan, jika ia juga memiliki gangguan kelelahan. "Jika Anda bekerja cukup keras pada diri sendiri, menghabiskan waktu sendirian untuk memahami trauma, pemicu, kegembiraan, dan rutinitas, maka Anda akan selalu dapat memahami atau belajar lebih banyak tentang rasa sakit Anda sendiri dan cara mengatasinya. Hanya itu yang bisa kamu tanyakan pada dirimu sendiri.”

"Saya di sini hanya untuk menjadi alat perdamaian dan cinta untuk membantu orang-orang yang menderita. Luangkan waktu mendapatkan bantuan untuk kesehatan mental Anda," lanjut Bella menyarankan. 

Kemudian, Bella mengakhiri postingannya dengan berterima kasih kepada para penggemarnya karena telah mendengarkan dia membagikan apa yang ia rasa.

Bella Hadid mengenakan gaun Jean Paul Gaultier Haute Couture Spring-Summer 2002 di karpet merah Festival Film Cannes 2021 di Prancis. Foto: Instagram @jeanpaulgaultier

Pada bulan Januari lalu, Bella Hadid – yang telah terbuka di masa lalu tentang berjuang dengan depresi berat dan kecemasan yang dialami sejak dia masih remaja – istirahat sejenak dari media sosial agar fokus pada kesehatan mentalnya.

Apa yang dialami oleh Bella Hadid bisa jadi juga banyak dialami oleh selebriti atau supermodel dan juga banyak orang, bahkan telah banyak juga yang menyuarakan. Bekerja di industri hiburan memang lekat dengan citra dan harapan besar dari para penggemar.

Melansir laman Healthline, kesehatan mental mengacu pada kesejahteraan emosional dan psikologis Anda. Memiliki kesehatan mental yang baik membantu Anda menjalani kehidupan yang relatif bahagia dan sehat. Selain itu juga membantu Anda menunjukkan ketahanan dan kemampuan untuk mengatasi kesulitan hidup.

Kesehatan mental Anda dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk peristiwa kehidupan atau bahkan genetika Anda.

Gejala kesehatan mental

Setiap jenis penyakit mental menyebabkan gejalanya sendiri. Tetapi banyak yang memiliki beberapa karakteristik umum. Berikut tanda-tanda umum dari kesehatan mental:

1. Tidak cukup makan atau makan berlebihan2. Mengalami insomnia atau terlalu banyak tidur3. Menjauhkan diri dari orang lain dan aktivitas favorit4. Merasa lelah bahkan dengan tidur yang cukup5. Merasa mati rasa atau kurang empati6. Mengalami rasa sakit atau nyeri tubuh yang tidak dapat dijelaskan7. Merasa putus asa, tidak berdaya atau tersesat8. Merokok, minum, atau menggunakan obat-obatan terlarang lebih dari sebelumnya9. Merasa kebingungan, pelupa, lekas marah, marah, cemas, sedih, atau ketakutan10. Terus-menerus berkelahi atau berdebat dengan teman dan keluarga11. Mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem yang menyebabkan masalah hubungan12. Memiliki kilas balik atau pemikiran konstan yang tidak bisa Anda hilangkan dari kepala Anda13. Mendengar suara-suara di kepala Anda yang tidak bisa Anda hentikan14. Memiliki pikiran untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain15. Tidak dapat melakukan aktivitas dan pekerjaan sehari-hari

Baca: Bella Hadid Ulang Tahun, Gigi Hadid: Si Tante Pelindung