Asupan Kalsium Tinggi Tidak Hanya Susu, Simak 7 Pilihan Lezat Lainnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi brokoli. Unsplash.com/Annie Spratt

Ilustrasi brokoli. Unsplash.com/Annie Spratt

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKalsium memiliki fungsi yang sangat baik bagi perkembangan tubuh terutama pada tulang. Menurut ahli gizi Pooja Makhija, badan kita memiliki kalsium dengan jumlah yang lebih tinggi daripada mineral lainnya.

Ada pun asupan harian kalsium yang direkomendasikan adalah 1000 miligram per hari untuk orang dewasa biasa, sedangkan untuk wanita dengan usia di atas 50 tahun dan orang dewasa lainnya dengan usia 70 tahun ke atas membutuhkan 1200 miligram per harinya. Lalu, untuk anak-anak usia 4 hingga 18 tahun membutuhkan 1300 miligram kalsium per hari.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium ini, mengonsumsi susu tidaklah cukup. Kita perlu untuk mengkonsumsi makanan lainnya yang kaya akan kalsium agar kebutuhan per hari bisa tercukupi dengan baik. Untuk itu, ketahui daftar lainnya berikut ini:

1. Kacang Merah
100 gram kacang merah mentah ternyata memiliki 140 miligram kandungan kalsium yang dianggap sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh manusia. Untuk mengkonsumsinya disarankan untuk merebusnya terlebih dahulu untuk mengurangi tekanan pada sistem perencanaan dan membuatnya jadi lebih mudah dicerna.

2. Almond
Menurut Pooja, 100 gram almond mengandung 60 miligram kalsium dan lemak tak jenuh tunggal yang ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk perkembangan tubuh.

3. Buah Ara
Jarang di dengar soal keberadaannya, ternyata mengkonsumsi 8 buah ara setara dengan memasukkan 241 miligram kalsium ke dalam tubuh lho. Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan juga untuk menjaga kesehatan tulang, kita perlu memakannya secara teratur.

4. Tahu
Makanan yang sudah sangat umum bagi warga Indonesia satu ini juga memiliki kebaikan dengan mengandung 680 miligram kalsium di setiap 100 gram nya. Cara terbaik untuk mengkonsumsi tahu adalah dengan menggorengnya atau memakannya saat mentah. Ingat, memasak tahu secara berlebihan dapat mengurangi nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

5. Biji Bunga Matahari
Pooja menjelaskan bahwa satu cangkir biji bunga matahari ternyata memiliki kandungan 109 miligram kalsium. Selain soal kebaikan kalsiumnya, ternyata biji bunga matahari juga kaya akan magnesium yang dapat membantu menyeimbangkan efek kalsium.

6. Biji Wijen
Untuk kesehatan, kita disarankan untuk mengkonsumsi 1 sendok makan biji wijen setiap hari karena akan menambahkan 88 miligram kalsium untuk kebutuhan nutrisi harian. Biji Wijen juga kaya akan seng dan tembaga yang baik bagi tubuh.

7. Brokoli
Sayur-sayuran satu ini juga ternyata memiliki kandungan kalsium yang baik. Pooja menyampaikan bahwa ada kandungan sebesar 87 miligram kalsium di setiap brokoli. Dan, dengan mengkonsumsi brokoli secara teratur dinilai dapat sangat membantu dalam mencegah kanker kandung kemih, payudara, usus besar, hati, dan perut.

Baca: Cara Raisa Mencegah Osteoporosis, Konsumsi Makanan Sehat dan Olahraga Outdoor

LAURENSIA FAYOLA l TIMES OF INDIA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."