Intip 5 Brand Jam Tangan Automatic Paling Populer di Indonesia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Orient Star RE-HH0003S, jam tangan automatic Orient Star memiliki sisi craftsmanship tinggi dengan detail megah yang didesain open-heart dial (sebagian dial terbuka untuk menampakkan mesin jam tangan). 5 November 2021/jamtangan.com

Orient Star RE-HH0003S, jam tangan automatic Orient Star memiliki sisi craftsmanship tinggi dengan detail megah yang didesain open-heart dial (sebagian dial terbuka untuk menampakkan mesin jam tangan). 5 November 2021/jamtangan.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perkembangan teknologi selalu berjalan linier dengan perubahan sosial budaya masyarakat. Tak heran, masyarakat era kini makin terbiasa hidup dengan kemudahan. Fenomena ini merambah berbagai sektor kehidupan bahkan ke hal-hal yang bersifat tersier, termasuk pilihan barang yang digunakan sehari-hari. Industri jam tangan, adalah salah satu yang tak bisa menghindar dari dampak perubahan ini.

Jika dulu jam tangan dengan mesin automatic mendominasi industri, maka sejak tahun 1970-an kondisi berubah dengan kemunculan jam tangan bertenaga baterai (quartz). Dibandingkan jam automatic yang memiliki harga tinggi serta maintenance lebih sulit (harus diservis 3-5 tahun sekali, tidak boleh dekat medan magnet, dan tidak boleh kena guncangan keras), jam tangan quartz menawarkan alternatif yang jauh lebih praktis dan mudah.

Selain harganya jauh lebih murah, jam tangan quartz juga memiliki akurasi lebih tinggi serta maintenance lebih mudah. Meskipun lama tidak dipakai, jam tangan quartz tetap bisa bekerja dan tinggal mengganti baterai jika dayanya sudah habis. Perubahan preferensi masyarakat pada jam tangan quartz ini bahkan pernah menimbulkan kondisi yang disebut quartz crisis, di mana industri jam tangan Eropa (khususnya Swiss) mengalami kemunduran besar dan nyaris gulung tikar akibat kalah bersaing dengan jam tangan quartz.

Namun, fakta terbaru dirilis oleh platform penjualan jam tangan online, Jamtangan.com. Menurut data penjualan selama 2020-2021, jam tangan automatic ternyata terbukti masih memiliki banyak penggemar di Indonesia. Setidaknya lebih dari 15.000 buah jam tangan automatic terjual, baik itu melalui website & aplikasi Jamtangan.com maupun gerai offline Machtwatch. Hal ini membuktikan minat masyarakat dan pencinta jam tangan yang masih tinggi pada jam automatic.

Menurut Paul Cahyadi, CEO Jamtangan.com, ada banyak alasan kenapa pencinta jam masih menggemari jam automatic meski ada jam tangan quartz yang lebih praktis dan murah. “Sejak bangkit dari quartz crisis, jam tangan automatic mengalami perubahan nilai. Bukan sekadar fungsi, jam tangan automatic kini punya positioning sebagai jam mewah dengan craftmanship tinggi. Itulah kenapa, walaupun sudah ada jam quartz, pencinta jam masih menggemari automatic karena nilai kemegahan detail dan mengapresiasi art of watchmaking,” kata Paul dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 5 November 2021.

Berdasarkan data penjualan Jamtangan.com, berikut ini adalah 5 brand jam tangan automatic dengan angka penjualan tertinggi selama periode Januari 2020- September 2021:

1. Seiko
Kualitas jam tangan automatic Seiko memang adalah salah satu yang terbaik di kelasnya. Tak heran, jam automatic Seiko selalu jadi buruan dan mencatatkan angka penjualan tertinggi yakni mencapai 54,36 persen. Jam automatic Seiko tak hanya mengandalkan kualitas, tapi juga memiliki ciri khas. Seiko Prospex SPB103J1 misalnya, sukses menjadi best-seller karena memadukan automatic movement Cal. 6R35 yang andal serta menyajikan figur menyerupai Rolex Submariner Hulk sehingga kerap dijuluki sebagai Seiko “Sumo Hulk”.

2. Spinnaker
Spinnaker menempati urutan kedua penjualan jam automatic tertinggi dengan persentase 17,73 persen. Beberapa seri automatic yang paling menjadi buruan adalah Spinnaker Vintage Bradner, Spinnaker Hull, dan Spinnaker Vintage Dumas. Ketiganya memiliki keunggulan serupa yakni fitur diving mumpuni, Japanese automatic movement, dan harga sangat terjangkau untuk sebuah automatic-watch yakni Rp 2 jutaan. Spinnaker memang menjadi pilihan bagi pemburu jam tangan automatic berkualitas dengan harga affordable.

3. Orient
Orient, dengan seri Orient Star, menjadi brand jam automatic paling best-seller selanjutnya. Jam tangan automatic Orient Star memiliki sisi craftsmanship tinggi dengan detail megah. Seperti Orient Star RE-HH0003S, yang didesain open-heart dial (sebagian dial terbuka untuk menampakkan mesin jam tangan). Desain seperti ini biasa ditemukan pada luxurious-watch, namun dipasarkan dengan harga jauh lebih terjangkau oleh Orient.

4. Fossil
Fossil sebenarnya lebih dikenal dengan lini fashion-watch dengan quartz movement. Namun, rilisan jam automatic dari Fossil ternyata sangat diburu dan menjadi best-seller. Keunggulan jam automatic Fossil terletak pada desain sophisticated dengan harga terjangkau. Fossil ME3200 yang menjadi salah satu model terlaris misalnya, dibekali skeleton-dial yang detail dan megah, namun dipasarkan dengan harga affordable di angka Rp 2 jutaan saja.

5. Thomas Earnshaw
Di kalangan masyarakat umum, nama Thomas Earnshaw mungkin belum terlalu populer. Namun di kalangan watch-enthusiast, Thomas Earnshaw cukup diburu dan menjadikannya sebagai brand dengan penjualan jam tangan automatic tertinggi selanjutnya. Salah satu model yang menjadi best seller adalah Thomas Earnshaw ES-8096-04 Westminster. Jam tangan yang dibanderol hanya Rp2 jutaan ini juga merepresentasikan the art of watchmaking dengan skeleton dial yang menawan.

Jika Anda termasuk orang yang suka menikmati seni dan nilai dari sebuah jam tangan serta tertarik ikut mengoleksi jam tangan automatic, bisa mendapatkannya di Jamtangan.com. Selama tanggal 22 Oktober-14 November 2021, Jamtangan.com mengadakan Promo 11.11 #Jadijagoan di mana Anda bisa membeli jam tangan dengan diskon hingga 85 persen, mengejar Kilat Sale Serba Rp11 Ribu (Tiap Sabtu & Minggu Jam 22.00-24.00 WIB), memenangkan grand prize jam tangan MIDO gratis, hingga mendapatkan voucher belanja cukup dengan memainkan game atau membagi link pada teman.

Baca: Ini Alasan Maia Estianty Jarang Hadiahkan Jam Tangan Mahal kepada Anaknya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."