Kiat Membangun Bisnis Seperti yang Dirintis Nagita Slavina dan 4 Selebriti Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Potret Nagita Slavina di kehamilan kedua. Foto: Instagram/@marlenehariman

Potret Nagita Slavina di kehamilan kedua. Foto: Instagram/@marlenehariman

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah Luna Maya sukses membuka usaha kosmetiknya yang berlabel NAMA Beauty baru-baru ini. Bahkan, dirinya juga mendapat pendanaan tahap awal sebesar Rp71 miliar dari sebuah perusahaan modal yang didirikan oleh Pandu Sjahrir. Lantas disusul oleh Nagita Slavina yang membuka lini fashion bertajuk Nagita Slavina dotco. 

Menurut Nagita Slavina, bisnis ini sudah disiapkan sejak tahun lalu. Situasi pandemi yang mengharuskannya banyak berkegiatan di rumah saja salah satu faktor yang mendorongnya untuk merintis bisnis baru dari aneka usaha yang sudah sejak dahulu.

Selain Nagita Slavina, masih ada sederet artis perempuan lainnya yang juga berkecimpung di dunia startup. Jika dijabarkan lebih lanjut setidaknya ada 4 artis perempuan Indonesia lainnya yang sukses membuka lini bisnis sendiri:

Alice Norine

Model dan pemain sinetron Alice Norin bergaya boyish dengan mengenakan denim overall panjang saat pemotretan di kantornya, Jakarta, 19 November 2015. TEMPO/Frannoto

Alice Norin seorang ibu dari dua anak ini memilih untuk membuka usaha di bidang fashion yang bernama 8wood Pada usaha tersebut, Alice menjual berbagai produk seperti celana, sepatu, tas hingga aksesori perempuan Bahkan ada juga pakaian untuk bayi dan juga pria yang bisa didapatkan lewat website resminya.

Jessica Iskandar

Jessica Iskandar. Foto: Instagram/@inijedar

Perempuan yang akrab disapa Jedar ini ternyata memiliki banyak usaha seperti di bidang kuliner yang bernama Baby El Bakery dan Jedar Koofee. Selain itu, Jedar juga memiliki bisnis di bidang fashion untuk anak dengan label Kimi Kids dan juga bidang kosmetik yakni Jedar Cosmetics.

Gisella Anastasia

Gisella Anastasia. Instagram/@gisel_la

Seorang penyanyi jebolan ajang pencarian bakat ini, sekarang memiliki berbagai usaha rintisannya yang bergerak di berbagai bidang salah satunya yakni kuliner minuman kekinian yang berlabel Gulu Gulu dan kue Gemolis. Ada juga soal fesyen baju anak yaitu Gilly by Giselle dan kosmetik yang didirikannya sejak 2018 lalu berlabel Madam Gie.

Shandy Aulia

Shandy Aulia. Foto: Instagram/@shandyaulia

Aktris sekaligus pesinetron terkenal, Shandy Aulia juga memiliki cerita usahanya sendiri. Pemilik Geprek Say, dan I Say Moo yang bergerak di bidang kuliner ini sukses memiliki sederet cabang yang tersebar di berbagai kota. Selain soal kuliner, Shandy juga memiliki usaha bidang fashion yang berlabel Shandy Aulia Collection, Shandy Aulia Batik, dan Shandy Aulia Bridal. Masih ada lagi usaha ibu dari satu anak ini yang juga bergerak dibidang teh herbal serta kosmetik.

Menurut Forbes sendiri, sebetulnya untuk membuat sebuah bisnis yang paling pertama perlu diperhatikan adalah harus memiliki komitmen dan paham atas segala tantangan dalam memulai sebuah bisnis. Ada empat tips utama yang perlu diperhatikan sebelum membuka bisnis yakni:

1. Pastikan ide bisnis yang ada memiliki keunikan dari segi produk maupun jasa
2. Memiliki rencana dan visi yang kuat untuk keberlangsungan bisnis
3. Memiliki arus kas yang cukup dan memungkinkan
4. Mempunyai karyawan yang kompeten dan menghindari karyawan yang kurang baik atau tidak bertanggung jawab.

Meski masih banyak hal yang perlu diperhatikan lainnya, tetapi empat hal tersebut merupakan sesuatu yang setidaknya sudah dikuasai terlebih dahulu. Sebab, sebuah bisnis akan berlangsung dengan baik apabila memiliki pondasi yang kuat.

Baca: Cerita Nagita Slavina Rintis Bisnis Pakaian: Buat Lowongan dan Interview Sendiri

LAURENSIA FAYOLA l FORBES

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."