Wadahi Minat Pelajar Bidang Sains, Ruangguru Sukses Gelar Kompetisi Sains

Siswa mengerjakan soal saat belajar secara daring dengan memanfaatkan akses internet gratis dari Pemprov DKI Jakarta di Balai RW 02, Galur, Jakarta Pusat, Selasa, 3 November 2020. Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) merekomendasikan sejumlah usulan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengubah sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terkait adanya tiga siswa yang mengakhiri hidupnya diduga lantaran depresi. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

karir

Wadahi Minat Pelajar Bidang Sains, Ruangguru Sukses Gelar Kompetisi Sains

Rabu, 3 November 2021 22:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Ruangguru sebagai perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara, telah menggelar kompetisi Sains Ruangguru (KSR) untuk jenjang SMP/MTs. Kompetisi ini berlangsung hingga 23 Oktober 2021 yang diikuti oleh 12.010 pelajar dari 3.448 sekolah di Indonesia dengan total hadiah mencapai Rp 300 juta.

Kompetisi ini diselenggarakan tingkat nasional menyusul KSR jenjang SMA/MA yang telah digelar pada Agustus lalu. Head of Corporate Communication Ruangguru, Anggini Setiawan berharap bahwa KSR ini bisa menjadi wadah untuk memajukan pendidikan di bidang sains melalui wadah pengasahan minat dan pengukuran potensi guna mencetak siswa/siswi tangguh dan berprestasi dari seluruh Indonesia.

“Belajar saja nggak cukup. Kita butuh wadah untuk mengukur seperti apa performa dan diuji. Karena jika tidak ada wadah, mereka tidak akan bisa berkreasi dan berkarya. Itu jadi salah satu alasan menggelar KSR. Selain meningkatkan minat anak terhadap bidang sains itu sendiri,” Ujar Anggini dalam webinar Kompetisi Sains Ruangguru pada Kamis, 28 Oktober 2021.

Anggini menjelaskan mekanisme KSR terdiri dari 2 babak, regional dan nasional. Ruangguru berkolaborasi dengan Juri Kompetisi Sains Nasional dan Tim Olimpiade Nasional untuk 3 bidang mata pelajaran, yaitu Matematika, IPA, dan IPS.

Selain itu, mengambil momentum Hari Sumpah Pemuda, Ruangguru meluncurkan Liga Ruangguru, kompetisi pelajar berskala nasional yang dapat diikuti oleh pelajar dari jenjang SD, SMP, dan SMA. Liga Ruangguru meliputi berbagai bidang pelajaran baik akademik maupun non akademik, termasuk bahasa Inggris, kreasi konten media sosial, kesenian, mobile gaming, dan Tryout akbar UTBK Ruanggguru.

“Data KSR menunjukan bahwa pelajar di Indonesia tetap optimis dan tidak membiarkan keterbatasan menjadi penghalang. Anak Indonesia berpotensi besar untuk berprestasi dan menjadi tugas kita bersama untuk membangun akses yang setara demi memajukan pendidikan berkualitas di Indonesia,” ujar Anggini.

Baca: Ruangguru Buka Sekolah Online Selama Libur karena Wabah Corona

ANDINI SABRINA