Ruangguru Buka Sekolah Online Selama Libur karena Wabah Corona

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ruangguru.com

Ruangguru.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Layanan belajar online Ruangguru membuka Sekolah Online Ruangguru Gratis selama sekolah diliburkan karena wabah corona. Anak-anak dapat mengikuti pelajaran sesuai jenjang pendidikannya melalui aplikasi Ruangguru.

Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara mengatakan sekolah online ini merupakan kepedulian terhadap keselamatan dan kesehatan guru, siswa, dan keluarga. "Kami berupaya memastikan akses pendidikan tetap terbuka bagi seluruh siswa di Indonesia, di mana pun, dan kapan pun," kata Belva dalam keterangan tertulis, Sabtu 14 Maret 2020.

Pemerintah menetapkan wabah corona sebagai bencana nasional, menyusul keputusan Badan Kesehatan Dunia (WHO) menjadikan COVID-19 sebagai pandemi. Kondisi ini mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah dan berimbas kepada 290 juta siswa di seluruh dunia.

Melalui program belajar online, Belva menjelaskan, para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh atau live teaching setiap Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa di aplikasi Ruangguru. Dimulai dari Senin, 16 Maret 2020, siswa bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru Gratis dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB.

CEO Ruangguru Belva Devara. (ANTARA News/HO Ruangguru)

"Ruangguru menyediakan 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai kurikulum nasional, mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru," kata Belva. Para siswa yang belum dapat mengikuti sesi di pagi hari dapat juga mengakses rekaman Sekolah Online pada hari yang sama setelah pukul 12.00 WIB.

Layaknya sekolah biasa, siswa juga bisa mengetahui apa yang akan dipelajari di jam dan hari tertentu melalui rincian jadwal pembelajaran yang terdapat di aplikasi Ruangguru. Di setiap sesi live teaching dalam sekolah online, siswa juga dapat mengajukan pertanyaan serta berdiskusi bersama pelajar lain melalui fitur live chat.

Selain untuk siswa, para guru juga bisa meningkatkan kapasitas mengajar melalui program Pelatihan Guru Online di aplikasi Ruangguru, gratis selama satu bulan ke depan. Ada 250 video dan modul pelatihan guru, mencakup materi kompetensi dasar di bidang pedagogik dan profesional, seperti kemampuan manajemen kelas, pengembangan rencana belajar, implementasi pembelajaran berbasis proyek, dan lainnya.

MOH. KHORY ALFARIZI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."