Selain Sesak Nafas, Ini 8 Gejala Infeksi Paru-Paru

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
sesak nafas

sesak nafas

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaInfeksi paru-paru adalah penyakit yang tak bisa disepelekan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda atau gejalanya. Selain kebiasaan merokok, umumnya infeksi paru-paru itu sendiri disebabkan oleh berbagai patogen, seperti virus, bakteri, dan jamur.

Dilansir dari Healthline, Kamis 28 Oktober 2021, berikut sejumlah gejala yang muncul saat seseorang mengalami infeksi paru-paru.

1. Batuk berdahak
Batuk pada dasarnya membantu membersihkan tubuh Anda dari lendir yang dihasilkan dari peradangan saluran udara dan paru-paru. Namun, apabila paru-paru terinfeksi, Anda mungkin mengalami batuk dengan lendir kental atau dahak berwarna hijau, abu-abu kekuning-kuningan, atau bahkan mengandung darah.

2. Dada terasa seperti ditusuk
Pada seseorang yang mengalami infeksi paru-paru, tak jarang mereka akan merasa nyeri tajam pada bagian dada, seperti ditusuk. Nyeri tersebut pun bisa makin terasa memburuk ketika batuk atau bernapas secara dalam. Lebih jauh, nyeri juga dapat terasa di punggung bagian tengah hingga atas.

3. Demam
Demam terjadi saat tubuh seseorang mencoba melawan infeksi. Demam tinggi biasanya turut menyebabkan gejala lain, seperti sakit kepala, nyeri otot, dehidrasi, dan panas dingin.

4. Otot dan punggung terasa sakit
Otot dan punggung biasanya juga terasa sakit saat Anda mengalami infeksi paru-paru. Kondisi ini disebut mialgia.

5. Kelelahan
Lantaran tubuh terus berusaha melawan infeksi, Anda biasanya akan merasa cepat lelah dan lesu. Untuk itu, istirahatlah yang cukup agar tubuh segera pulih.

6. Napas mengeluarkan bunyi
Infeksi pada paru-paru menyebabkan seseorang seperti mengeluarkan siulan bernada tinggi (mengi) saat bernafas. Hal tersebut diakibatkan oleh adanya penyempitan atau peradangan pada saluran nafas.

7. Kebiruan pada kuku atau bibir
Bibir atau kuku Anda mungkin juga akan tampak berwarna kebiruan. Kondisi itu disebabkan kurangnya oksigen saat Anda mengalami infeksi paru-paru.

8. Suara berderak di paru-paru
Selain tujuh hal di atas, tanda infeksi parau-paru lainnya adalah adanya suara berderak di dasar paru-paru (bibasilar crackles). Kondisi ini dapat diketahui oleh dokter dengan menggunakan stetoskop.


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."