Selain Sesak Nafas, Ini 8 Gejala Infeksi Paru-Paru

sesak nafas

kesehatan

Selain Sesak Nafas, Ini 8 Gejala Infeksi Paru-Paru

Minggu, 31 Oktober 2021 18:59 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, JakartaInfeksi paru-paru adalah penyakit yang tak bisa disepelekan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda atau gejalanya. Selain kebiasaan merokok, umumnya infeksi paru-paru itu sendiri disebabkan oleh berbagai patogen, seperti virus, bakteri, dan jamur.

Dilansir dari Healthline, Kamis 28 Oktober 2021, berikut sejumlah gejala yang muncul saat seseorang mengalami infeksi paru-paru.

1. Batuk berdahak Batuk pada dasarnya membantu membersihkan tubuh Anda dari lendir yang dihasilkan dari peradangan saluran udara dan paru-paru. Namun, apabila paru-paru terinfeksi, Anda mungkin mengalami batuk dengan lendir kental atau dahak berwarna hijau, abu-abu kekuning-kuningan, atau bahkan mengandung darah.

2. Dada terasa seperti ditusuk Pada seseorang yang mengalami infeksi paru-paru, tak jarang mereka akan merasa nyeri tajam pada bagian dada, seperti ditusuk. Nyeri tersebut pun bisa makin terasa memburuk ketika batuk atau bernapas secara dalam. Lebih jauh, nyeri juga dapat terasa di punggung bagian tengah hingga atas.

3. Demam Demam terjadi saat tubuh seseorang mencoba melawan infeksi. Demam tinggi biasanya turut menyebabkan gejala lain, seperti sakit kepala, nyeri otot, dehidrasi, dan panas dingin.

4. Otot dan punggung terasa sakit Otot dan punggung biasanya juga terasa sakit saat Anda mengalami infeksi paru-paru. Kondisi ini disebut mialgia.

5. Kelelahan Lantaran tubuh terus berusaha melawan infeksi, Anda biasanya akan merasa cepat lelah dan lesu. Untuk itu, istirahatlah yang cukup agar tubuh segera pulih.

6. Napas mengeluarkan bunyi Infeksi pada paru-paru menyebabkan seseorang seperti mengeluarkan siulan bernada tinggi (mengi) saat bernafas. Hal tersebut diakibatkan oleh adanya penyempitan atau peradangan pada saluran nafas.

7. Kebiruan pada kuku atau bibir Bibir atau kuku Anda mungkin juga akan tampak berwarna kebiruan. Kondisi itu disebabkan kurangnya oksigen saat Anda mengalami infeksi paru-paru.

8. Suara berderak di paru-paru Selain tujuh hal di atas, tanda infeksi parau-paru lainnya adalah adanya suara berderak di dasar paru-paru (bibasilar crackles). Kondisi ini dapat diketahui oleh dokter dengan menggunakan stetoskop.