Pocari Sweat Run 2021 Sukses Digelar Hybrid, Obati Rindu Para Penyuka Maraton

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Pocari Sweat Run Indonesia 2021 sukses digelar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dan dilakukan secara hybrid/Foto: Ecka Pramita

Pocari Sweat Run Indonesia 2021 sukses digelar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dan dilakukan secara hybrid/Foto: Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - PT Amerta Indah Otsuka sukses menggelar ajang lari Pocari Sweat Run Indonesia 2021 secara hybrid (offline dan online) dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, Minggu 24 Oktober 2021. Penyelenggaraan kegiatan ini dilangsungkan dari Gedung Sate, Kota Bandung dan Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan jika gelaran tersebut bisa menjadi contoh untuk event-event lain. Bagaimana event olahraga dapat digelar secara offline dan online dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tetap produktif di tengah pandemi.”

"Semua kegiatan bisa dilakukan harus menjaga proses, jarak diatur, misal tiap menit jarak dijaga, dibagi 10 grup dari 500 orang, dan swab antigen. Sebenarnya perasaan saya campur, bahagia dan waswas apalagi pertama kali mengadakan. Kalau melihat acaranya lega karena sudah sesuai prokes," ucapnya saat ditemui di Gedung Gedung Sate, Minggu 24 Oktober 2021. 

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno juga memiliki harapan terhadap para pelari khususnya maraton untuk kemajuan pariwisata di Indonesia. "Konsep hybrid yang diusung Pocari Sweat Run memberikan wadah untuk pelari bisa berlari dari mana saja termasuk lokasi-lokasi wisata terbaik karena Indonesia kaya akan tempat-tempat yang bisa digunakan mendukung sport tourism.”

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat membuka Pocari Sweat Run Indonesia 2021 di Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (24/10/2021) pagi. Ajang lari tersebut menerapkan prokes ketat dan jarak antarpelari diatur. (Foto: Rizal FS/Biro Adpim Jabar)

Untuk kegiatan offline, Pocari Sweat Run Indonesia 2021 diikuti pelari dengan jumlah yang terbatas, sudah divaksin COVID-19 dosis kedua, dan terverifikasi aplikasi Peduli Lindungi. Seluruh pelari offline telah melakukan tes dengan hasil negatif COVID-19 sebelum memasuki area.

Sebagai bentuk antisipasi terjadinya kerumunan, tindakan pencegahan dilakukan dengan membagi menjadi dua lokasi kegiatan offline yaitu Gedung Sate (kategori lari jarak 10 kilometer) dan Kota Baru Parahyangan (kategori lari half marathon dan maraton).

Pelepasan pelari dilakukan secara bertahap dengan maksimal 50 orang di setiap kelompoknya dengan jeda tiga menit. Setelah selesai berlari, tidak ada acara hiburan secara offline dan pelari diwajibkan untuk langsung meninggalkan lokasi.

Marketing Indah Otsuka Puspita Winawati mengatakan gelaran acara Pocari Sweat Run Indonesia  sudah memasuki tahun ke delapan sebagai bentuk konsistensi untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dengan rajin berolahraga, salah satunya dengan berlari.

Kampanye #saferunning juga konsisten diusung setiap tahunnya dan tentunya di tahun ini, penyelenggaraan kegiatan mengedepankan keselamatan para pelari dengan mengadaptasi protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Rasanya lega, sudah melakukan inovasi kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh pelari dibatasi hanya dibatas 700 orang, peserta yang daftar online sudah vaksin dua kali, peduli lindungi, dan masuk ada tes antigen. Lari tidak seperti dulu, dibagi kelompok 10 orang dengan jarak per tiga menit, selesai lari peserta melewati lokasi disinfektan. Sehingga pelari merasa aman dalam berlari," ucapnya. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut meramaikan event Pocari Sweat Run Bandung West Java Marathon 2019. Minggu (28/7/2019).

Kegiatan offline tersebut pun bisa dirasakan langsung secara online. Real-time flag-off untuk tiga zona waktu Indonesia secara khusus diselenggarakan untuk mengakomodir pelari dari Aceh hingga Papua. Dan ritual-ritual kegiatan lari offline seperti live MC, menyanyikan Indonesia Raya, pemanasan, live cheering, dan penampilan musik Kahitna bisa diikuti oleh seluruh pelari.

Atlet lari nasional kebanggaan Jawa Barat, Agus Prayogo merasakan pengalaman baru yang berbeda dengan event-event lari yang ada sebelumnya, “Meskipun dengan protokol kesehatan yang ketat, tapi saya bangga para pelari hari ini mau mematuhi aturan yang ditetapkan sebagai cara lomba lari offline yang baru.”

Beberapa pejabat pemerintah serta public figure turut hadir di POCARI SWEAT RUN INDONESIA 2021 yang dibawakan oleh Melanie Putria dan Daniel Mananta, seperti: Hengky Kurniawan (Plt Bupati Bandung Barat), Bima Arya (Walikota Bogor), Najwa Shihab (Co-Founder Narasi), Alya Rohali, Sahila Hisyam serta figur publik lainnya.

Baca: Pertama Kali Ikut Lari Maraton, Najwa Shihab: Rasa Malu Mengalahkan Capek

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."