Tips Penting untuk Pengusaha, Cara Agar Produk Lokal Dilirik Brand Internasional

Kolaborasi jacquelle dengan Disney/Instagram -@jacquelle_official

karir

Tips Penting untuk Pengusaha, Cara Agar Produk Lokal Dilirik Brand Internasional

Minggu, 24 Oktober 2021 09:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, JakartaBrand kecantikan dan fashion Jacquell dan brand sepatu Ittaherl mendapatkan kesempatan emas bisa berkolaborasi dengan brand Internasional seperti Disney. Pendiri Jacquelle, Lianna Lie dan pendiri Ittaherl, Anita Lundy berbagi tips bagaimana caranya agar produk kita bisa dilirik brand tingkat dunia.

Lianna mengatakan penting sekali bagi pengusaha untuk memikirkan kebutuhan pasien. Produk yang ditawarkan pun perlu memiliki keunikan sendiri. "Dulu saya tidak tahu detail kosmetik, tapi saya belajar. Melihat apa yang sedang tren dan ingridient-nya," katanya pada sesi diskusi 14 Oktober 2021.

Lianna pun menyarankan agar tidak terlalu banyak mencontoh produk brand lain demi memiliki ciri khas sendiri. Penting pula bagi Lianna untuk memberikan inspirasi dalam produknya. "Agar bisa dilirik internasional, perlu juga untuk selalu konsisten dan menjaga kualitas agar selalu bagus. Konsisten itu penting sekali," kata Lianna.

Anita punya trik sendiri agar bisa go internasional. Ia menyarankan agar kualitas produk yang ditawarkan harus baik. "Tidak boleh main-main," katanya.

Ia mengingatkan bahwa saat ini adalah zaman media sosial. Semakin banyak orang memberikan penilaian mereka langsung di media sosialnya. "Kalau mereka (pembeli) anggap jelek, ya mereka akan tulis jelak. Sebaliknya, kalau bagus juga akan dibilang bagus di media sosial mereka," katanya.

Kolaborasi ittaherl dengan Disney/Instagram - @ittaherl

Penting pula untuk mendengarkan masukan dari para pembeli. Salah satu hal yang kerap dilakukan tim Ittaherl adalah dengan membaca semua komentar di Instagram. Anita mengatakan melalui media sosial, ada beberapa pelanggannya yang menyarankan untuk melakukan perbaikan di beberapa bagian. Ada pula pelanggan yang memberikan saran bagus untuk produknya.

Tidak jarang, ada pelanggan yang memberikan informasi soal bentuk kakinya. Hal itu pun memberikan ide untuk Anita dalam membuat produk-produk lain ke depannya. "Instagram Ittaherl itu saya yang handle. Saya bisa membalas 20an pesan yang berupa masukan di DM kami," kata Anita.

Anita juga menyarankan agar memiliki tim yang super dalam membuat bisnis. Tim yang super, kata Anita, bisa membantu satu sama lain.

Mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan Disney tidak bisa dianggap main-main. Anita mengatakan untuk mendapatkan lisensi dari Disney, Ittaherl diaudit secara ketat. "Auditnya detail banget. Dilihat bagaimana kami memperhatikan lokasi seberapa besar usaha kami, berapa kapasitas tenaga kerja. Seperti bangun dari nol lagi, karena kami harus sesuaikan dengan kriteria Disney," kata Anita.

Lianna setuju soal audit yang sangat rinci. Tim Disney melihat kualitas produk serta branding dari Jacquelle sebagai brand itu sendiri. Tim Disney juga mengaudit pabrik yang kami gunakan, mereka pun melihat berbagai tools di pabrik itu. "Beruntung, cepat disetujui Disney karena ternyata pabrik yang kami gunakan juga sering digunakan untuk produk Disneyland," kata Lianna.

Dari kolaborasi ini Jacquelle menelurkan berbagai produk seperti Jacquelle Lipomask ~ Disney Minnie Mouse edition. Ada pula Jacquelle Face Pallete ~ Disney Minnie Mouse Edition Complete Me. Sedangkan Anita, melalui brand Ittaherl menelurkan sepatu-sepatu cantik yang bertemakan Disney, seperti sepatu bertema Alice in Wonderland, Mickey Mouse, Beauty and The Beast dan Snow White, dengan detail desain yang menawan.

Brand jacquelle dan ittaherl berkolaborasi dengan Disney

Tentu saja ada banyak dampak baik setelah Jacquelle dan Ittaherl berkolaborasi dengan Disney. Sambutan dari konsumen sejauh ini sangat baik, tetapi yang paling utama adalah konsumen menjadi bangga untuk memakai produk buatan negeri sendiri. "Sebuah prestasi yang membanggakan untuk bisa mempersembahkan hasil produk Indonesia/lokal berkolaborasi dengan brand internasional," kata Lianna.

Anita, yang tumbuh besar dengan Disney, pun sangat bangga dengan prestasi itu. Anita mengatakan ada banyak sekali kolektor produk Disney di dunia, yang akhirnya mencari produknya juga sebagai tambahan koleksi. "Yang saya happy banget, ada banyak customer di luar negeri yang membeli Ittaherl. Bahkan saat mereka beli di Disneyland, mereka bertanya, mereka pun mencari Ittaherl," kata Anita.

Baca: Kolaborasi dengan Brand Fashion Lokal, Andien: Motifnya Sarat Nilai Alam