5 Kiat Atasi Insecure, Mulailah Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita merasa insecure. Freepik.com/Cookie_studio

Ilustrasi wanita merasa insecure. Freepik.com/Cookie_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Insecure merupakan rasa khawatir atau cemas, tidak mampu dan kurang percaya diri yang membuat seseorang merasa tidak aman. Insecure biasanya disebabkan penolakan atau kegagalan, pernah dirundung, mendapatkan penilaian yang buruk dari orang lain, keinginan untuk selalu sempurna (perfeksionis), hingga pernah mengalami trauma.

Tidak masalah jika sesekali Anda merasa insecure karena ini dapat memicu keinginan Anda untuk meningkatkan kemampuan yang ingin dimiliki. Namun jika rasa itu terus menghampiri keseharian Anda, berikut kiat mengatasi insecure menurut dokter Santi Yuliani, consultation liaison psychiatrist, yang dibagikan di Instagramnya, Kamis, 7 Oktober 2021.

1. Berlatih menerima diri bahwa kita tidak sempurna

Manusia tentunya tidak bisa lepas dari ketidaksempurnaan. Tidak sempurna bukan berarti kita gagal, dan juga tidak berarti kita buruk. “Karena memang ketidaksempurnaan adalah bagian dari menjadi manusia,” dokter Santi mengingatkan.

2. Kita tidak wajib untuk selalu positif

Kita tidak harus selalu positif atau bahagia dalam kehidupan kita. Emosi dasar manusia bermacam-macam mulai dari sedih, kecewa, takut, marah, jijik dan bahagia, semua adalah bagian yang kita miliki.

Kita tidak bisa hanya memiliki ‘bahagia’ saja tanpa memiliki emosi yang lain,” katanya.

3. Berlatih untuk tidak membandingkan

Dokter Santi mengajak semua orang untuk mulai berlatih berkompetisi dengan diri sendiri, bukan dengan orang lain. “Buat target untuk menjadi lebih baik dibandingkan dengan diri Anda yang kemarin,” sarannya.  Anda ingin menjadi versi yang lebih baik dari diri Anda, bukan ingin menjadi seperti orang lain.

4. Fokus pada apa yang kita mampu dan bisa

Meningkatkan apa yang sudah kita kuasai akan lebih mudah dan memerlukan tenaga yang lebih sedikit, dibandingkan memaksakan diri untuk berubah menjadi seperti orang lain.

5. Berlakulah adil pada diri sendiri

Membandingkan kekurangan Anda dengan kelebihan orang lain adalah perbuatan yang tidak adil. Saat melihat kelebihan orang lain, mulailah belajar untuk juga melihat kelebihan yang Anda miliki. Sayangi dirimu lebih baik salah satu kunci atasi insecure.

Baca juga: Pernah Insecure pada Tubuh Sendiri, Kini Marshanda Ucap Terima Kasih

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."