Gaya Krisdayanti dan 3 Selebriti Lain Merayakan Hari Batik Nasional

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Krisdayanti, penyanyi. Foto: Instagram/@krisdayantilemos

Krisdayanti, penyanyi. Foto: Instagram/@krisdayantilemos

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memperingati Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, hari di mana ketika kain batik ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda oleh Unesco pada 2009. 

Lewat akun media sosialnya, sejumlah selebriti merayakan Hari Batik Nasional dengan memamerkan gaya batik andalan mereka. Tak hanya dalam acara resmi, batik juga cocok dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Yuk, intip gaya batik Krisdayanti, Raline Shah hingga Dian Sastrowardoyo.

1. Dian Sastrowardoyo

Aktris Dian Sastrowardoyo mengunggah fotonya mengenakan busana batik koleksi Sejauh Mata Memandang, salah satu jenama lokal yang ramah lingkungan. Di foto itu tampak Dian bergaya etnik chic memakai atasan putih bercorak batik biru dan kain biru bercorak putih. Ia melengkapi penampilannya dengan selop putih bergaris-garis.

Dian Sastrowardoyo. Foto: Instagram/@therealdisastr

"Mari kita mensyukuri hari ini. Selamat hari batik ya gaes..," tulis ibu dua anak ini di Instagram 10 jam lalu.

2. Happy Salma

Aktris Happy Salma tampil elegan mengenakan batik dalam 10 foto yang diunggahnya di Instagram. Ia memilih beberapa foto dirinya memakai kebaya dipadu dengan kain batik lengkap dengan selendang yang disampirkan ke bahunya. Adapula sejumlah foto dirinya memakai kebaya dan kain khas Bali, tanah kelahiran sang suami, Tjokorda Bagus Dwi Santana Kerthyasa.

Di keterangan fotonya, Happy mengajak warganet untuk semakin terbiasa menjadi batik dalam aktivitas sehari-hari.

Happy Salma dalam balutan kebaya kartini dan kain batik coklat serta selendang senada. Foto: Instagram/@happysalma

"Kalau di pakai sehari-hari. Tandanya Kita merayakannya setiap saat dan menjadi bagian dari hidup kita (tanpa ketakutan di curi oleh siapapun… )seperti hal nya kimono atau baju sari.. sudah pasti itu milik jepang dan India," tulis ibu dua anak ini.

"Begitu juga batik… itu Milik kita. Saya selalu merasa istimewa bila memakainya.
“Selamat hari batik Nasional ya”," tutupnya.

3. Raline Shah

Aktris Raline shah mengunggah foto dirinya bersama kedua adiknya, Rollin dan Rollan, mengenakan batik warna peach bercorak bunga warna biru dan kuning. Gaun batik yang dipakai Raline bergaya modern dengan detail belahan paha tinggi atau high slit dan tali spageti. Kedua adiknya kompak mengenakan kemeja batik dengan corak yang sama dan celana panjang putih.

Raline Shah unggah foto bersama kedua adiknya, Rollin dan Rollan, memakai batik untuk merayakan Hari Batik Nasional. Foto: Instagram/@ralineshah

"Ayo semangat pakai dan cintai warisan wastra Nusantara. Bangga + bahagia dalam balutan batik (emoji hati merah)," potongan pesan yang ditulis Raline Shah di keterangan foto.

4. Krisdayanti

Penyanyi juga juga merupakan anggota DPR RI, Krisdayanti mengunggah foto dirinya dengan latar belakang aneka motif batik, salah satunya kawung. Sementara Krisdayanti sendiri memakai busana batik coklat bercorak bunga. Rambut panjangnya ditata rapi ala sleek style. Tak lupa, ia memakai pin anggota DPR RI di bagian kanan atas bajunya.

 Unggahan Krisdayanti di Instagram memperingati Hari Batik Nasional 2021. Foto: Instagram/@krisdayantilemos

"Selamat Hari Batik Nasional 2021. Kenakan batikmu dengan bangga sebagai bentuk identitas bangsa dan warisan budaya Indonesia," tulis ibu empat anak ini.

"ditetapkannya Hari Batik Nasional, dapat meningkatkan taraf hidup, kesejahteraan, dan harkat martabat para pengerajin batik di seluruh Nusantara," tutup istri Raul Lemos ini.

Selamat Hari Batik Nasional untuk kita semua.

Baca juga: Rayakan Hari Batik Tak Hanya Seremonial, Pahami Makna dan Filosofinya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."