Luna Maya Rilis Koleksi Batik Saujana Pesisir untuk Kawula Muda, Intip Detailnya

Luna Maya merilis koleksi Batik Luna Habit bertema Saujana Pesisir. (dok. Luna Habit)

mode

Luna Maya Rilis Koleksi Batik Saujana Pesisir untuk Kawula Muda, Intip Detailnya

Sabtu, 2 Oktober 2021 16:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sehari sebelum peringatan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober, jenama lokal Luna Habit merilis koleksi batik pertamanya yang bertema "Saujana Pesisir". Menurut pendiri Luna Habit, Luna Maya, koleksi ini salah satu caranya ikut mempopulerkan batik di kalangan generasi penerus.

"Budaya yang kita miliki ini luar biasa sekali dan memang harus punya komitmen untuk mengenalkannya kepada anak muda," kata Luna dalam jumpa pers virtual peluncuran koleksi batik Saujana Pesisir, Jumat, 1 Oktober 2021.

Koleksi mini ini mengangkat batik pesisiran, khususnya batik Sunda dengan ciri ornamen daun, bunga, burung yang goresan warnanya lebih modern. Sementara itu, Saujana Pesisir mengangkat tema melancong ke pesisir Jawa Barat yang tertuang dalam pemilihan motif print dan batik Sunda kontemporer. Warna-warna navy dan coklat terinspirasi dari laut dan bebatuan di pantai. Motif batik yang digunakan di antaranya, bunga kepang, lokcan, dan sawat sairis.

Dalam membuat koleksi ini, Luna mengisahkan desain menjadi tantangannya. Ia bersama tim berupaya rancangannya mudah diterima generasi muda sekaligus melestarikan batik.

Baca juga: Berkaca dari Pengalamannya, Luna Maya Rilis Produk Minuman Serbuk Kolagen

Luna Maya merilis koleksi Batik Luna Habit bertema Saujana Pesisir. (dok. Luna Habit)

"Kalau bicara batik secara bahan juga bahannya enggak seluwes dan enggak segampang kalau bikin sesuatu yang non-cotton, susah-susah gampang untuk membuat supaya enggak terlihat kaku dan old fashion, bikinnya gimana ya, lebih di situ sih," tambahnya.

Ada 12 koleksi busana dalam Saujana Pesisir yang terdiri darai dari blouseblazerpants hingga pajamas style yang sedang tren dengan harga terjangkau. Padu padan busananya terbilang edgy dan sophisticated

"Lebih pengen yang kelihatan paling ringan dan modern, supaya anak-anak muda yang ingin mulai mengoleksi batik enggak menilai batik itu mahal atau kaku," tutur bintang film 30 Hari Mencari Cinta ini.

Dengan dirilisnya koleksi Saujana Pesisir, Luna Maya berharap generasi mudah semakin menyadari bahwa budaya Indonesia, termasuk batik tak kalah kece dengan gaya busana di mancanegara. Sebab batik mudah dipadukan dengan tampilan smart casual dan chic saat bekerja maupun bersantai, terlebih lagi untuk tampilan formal yang kian memancarkan keindahan si pemakai.

Baca juga: Rayakan Hari Batik Nasional dengan Cara Unik dan Inspiratif Ini