Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh, Youn Yuh Jung: Suatu Kehormatan

Youn Yuh Jung menjadi perempuan Korea Selatan pertama yang meraih piala Oscar. Aktris 73 tahun itu memenangkan kategori artis pendukung terbaik di Oscar 2021. Chris Pizzello/Pool via REUTERS

profil

Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh, Youn Yuh Jung: Suatu Kehormatan

Kamis, 16 September 2021 19:15 WIB
Reporter : Terjemahan Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Pada tanggal 15 September 2021 waktu setempat, majalah TIME menerbitkan daftar tahunan 100 orang yang dianggap paling berpengaruh. Salah satu nama yang masuk ialah Youn Yuh Jung

Youn Yuh Jung, aktris Korea Selatan yang baru-baru ini membuat sejarah dengan menyapu sirkuit penghargaan internasional dengan penampilannya yang mengesankan di film Minari terpilih untuk daftar orang paling berpengaruh versi majalah TIME tahun ini.

Aktris veteran ini memenangkan Academy Award, Screen Actors Guild (SAG) Award, dan British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) Award untuk Aktris Pendukung Terbaik awal tahun ini—menjadikannya aktris Korea Selatan pertama yang pernah memenangkan penghargaan akting di acara mana pun dari tiga upacara bergengsi.

Mengomentari penyertaannya dalam daftar TIME, perempuan kelahiran 19 Juni 1947 ini dengan rendah hati berkomentar, “Ini adalah tahun di mana saya hanya melakukan pekerjaan yang selalu saya lakukan, tetapi saya menerima lebih banyak pujian daripada yang pantas saya dapatkan," ucapnya seperti yang dilansir dari laman Soompi, 16 September 2021.

Film Minari/Antara

Ia sendiri mengaku masih kaget dengan kabar terpilihnya dia dalam daftar orang paling berpengaruh versi TIME tahun ini. "Saya berharap bahwa saya adalah seseorang yang memiliki pengaruh positif pada orang lain, dan saya menganggap suatu kehormatan untuk memasukkan nama saya dalam daftar 100 orang berpengaruh TIME bersama orang-orang yang jauh lebih besar dari saya.”

Sementara itu, aktor Steven Yeun menulis untuk TIME, “Dari menavigasi dan menembus ekspektasi masyarakat hingga memainkan karakter yang sepenuhnya disadari (dan sangat manusiawi) di layar, dia telah menempa jalan yang hanya bisa dia miliki"

Steven yang juga penggemarnya mengatajan bukan hanya karena kecakapan aktingnya tetapi karena kehadiran dia yang sangat unik dalam segala hal yang pernah ia lihat dan lakukan. "Agar dunia mengenalnya lebih baik, mengikuti penampilannya yang memenangkan Oscar dalam film kami 'Minari,' membuat saya bahagia," ucap Steven. 

Baca: Youn Yuh Jung Minari Raih Piala Oscar untuk Aktris Pendukung Terbaik