Chelsea Islan Ajak Anak Muda Punya Financial Freedom, Mulai dari Investasi

Chelsea Islan (Instagram @chelseaislan)

karir

Chelsea Islan Ajak Anak Muda Punya Financial Freedom, Mulai dari Investasi

Kamis, 16 September 2021 17:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Mencapai kebebasan finansial atau financial freedom adalah tujuan bagi kebanyakan individu. Kebebasan finansial biasanya berarti memiliki cukup tabungan, investasi finansial, dan uang tunai untuk membeli jenis kehidupan yang kita inginkan untuk diri kita sendiri dan keluarga. 

Berbicara mengenai kebebasan finansial, dalam unggahan instagramnya, Kamis 16 September 2021, Chelsea Islan menceritakan tentang investasi yang diikutinya melalui salah satu aplikasi investasi di Indonesia.

Menurut Chelsea, investasi seperti lari marathon yang terpenting rutin dalam menabung serta rajin belajar akan apa yang mau diinvestasikan. Sudah saatnya anak muda mulai membangun mimpi, namun mimpi saja tidak cukup jika tidak didorong dengan tindakan.

"Bermimpi untuk Financial Freedom sedini mungkin boleh, asalkan juga dengan usaha, misalnya usaha untuk bekerja mendapatkan penghasilan, lalu penghasilannya bisa kita tabung. Supaya lebih efektif, tabungannya bisa kita alokasikan ke beberapa instrumen investasi," tulisnya.

Masih menyoal kebebasan finansial seperti yang dikatakan Chelsea Islan, jika mengutip dari Forbes financial freedom berarti menumbuhkan tabungan yang memungkinkan kita untuk pensiun atau mengejar karier yang kita inginkan tanpa didorong oleh penghasilan yang ditetapkan setiap tahun. Kebebasan finansial berarti uang kita bekerja untuk kita, bukan sebaliknya.

Kita dibebani dengan utang yang meningkat, keadaan darurat moneter, pengeluaran yang boros, dan masalah lain yang menghalangi kita mencapai tujuan. Tantangan seperti itu dihadapi semua orang, tetapi dua belas kebiasaan ini dapat menempatkan Anda di jalan yang ideal menuju kesehatan finansial.

Pada akhirnya, kebebasan berarti Anda mengendalikan keuangan dan pilihan hidup Anda. Terlalu banyak individu yang frustrasi bekerja keras. Masih banyak lagi yang merasa terkurung dan kurang memiliki kendali dalam hidup mereka.

Beban keuangan memaksa kita untuk membuat pilihan putus asa. Bagi sebagian orang, ini berarti terjebak dalam sangkar emas—dipenjara oleh gaya hidup yang tidak mampu mereka bayar dan investasi yang dirancang untuk mengikis kekayaan mereka.

Berikit poin penting untuk mewujudkan financial freedom seperti yang dilansir dari laman Money Fit, Kamis 16 September 2021:

1. Goal hidup

Tetapkan tujuan hidup, baik besar maupun kecil, moneter dan gaya hidup; membuat rencana untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Anggaran dana

Anda sehingga Anda dapat menutupi semua kebutuhan Anda; tetap pada rencana ini; bayar kartu kredit Anda secara penuh, sehingga Anda membawa hutang sesedikit mungkin, dan perhatikan kredit Anda.

3. Konsultan keuangan

Dapatkan konsultan keuangan dan mulailah berinvestasi; tetap mengikuti undang-undang perpajakan; mengembangkan kontribusi otomatis melalui program pensiun perusahaan Anda; menyiapkan dana darurat.

Hidup di bawah kemampuan Anda; hemat jika memungkinkan; dan jangan takut untuk meminta atau bernegosiasi untuk penawaran yang lebih baik.

Rawat barang-barang pribadi Anda, karena perawatan lebih terjangkau daripada penggantian; tetapi yang lebih penting, jaga diri Anda dan tetap sehat.

Baca: Chelsea Islan Ajak Masyarakat Komitmen Ramah Lingkungan