Bayi Rewel saat Tumbuh Gigi, Simak 4 Cara Menenangkannya

Ilustrasi bayi menangis (Pixabay.com)

kesehatan

Bayi Rewel saat Tumbuh Gigi, Simak 4 Cara Menenangkannya

Kamis, 9 September 2021 15:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Semua ibu dan ayah baru akan menghadapi fase bayi tumbuh gigi di antara usia 4 - 7 bulan. Tanda-tanda bayi tumbuh gigi di antaranya air liur berlebihan, lekas marah, mudah tersinggung, menangis larut malam, dan sedikit demam. Di fase ini, biasanya bayi kerap merengek dan sulit tidur.

Untuk mengatasi itu, ada sejumlah obat-obatan yang diresepkan dokter untuk membantu meringankan iritasi dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gusi yang sakit, tapi ada beberapa kiat umum yang bisa menenangkan bayi seperti berikut dikutip dari Pink Villa, Rabu, 8 September 2021.

1. Mainan tumbuh gigi

Pastikan untuk menyimpan mainan tumbuh gigi plastik di lemari es Anda setiap saat, jika Anda memiliki bayi yang sedang tumbuh gigi di rumah. Ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

2. Pijat gusi

Cobalah memijat lembut gusi bayi. Dengan jari yang bersih, gosok perlahan gusi bayi Anda atau berikan sedikit tekanan, jika perlu, selama beberapa waktu. Ini akan membantu meredakan ketidaknyamanan dan menghilangkan rasa sakit.

3. Kain dingin

Kain dingin bisa sangat membantu. Ini bisa sesederhana kain bersih dan basah yang disimpan di freezer. Ini akan memiliki efek mendinginkan pada gusi bayi yang sakit.

4. Alihkan perhatian bayi

Anda sudah mencoba tapi cara di atas, tapi bayi Anda tidak berhenti menangis, maka cobalah mengalihkan perhatiannya. Bicaralah dengan bayi Anda dengan suara yang menenangkan dan nyanyikan satu atau dua lagu pengantar tidur. Anda juga dapat memilih white noise.

Apa pun cara menenangkan bayi yang rewel, kuncinya adalah kesabaran kedua orang tua. Agar dapat menangani bayi Anda yang menangis dan membantunya rileks, Anda berdua harus tetap tenang. Hanya orang tua yang tenang yang dapat membantu menenangkan bayi yang merengek atau menangis, termasuk saat tumbuh gigi. Namun, jika bayi Anda terlalu kesakitan atau sedang menjalani pengobatan lain, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak Anda.

Baca juga: Makan Hidangan Pedas saat Menyusui Bikin Bayi Diare, Mitos atau Fakta?