Kontrol Tingkat Stres Secara Bijak, Caranya...

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita pekerja yang stress. shutterstock.com

Ilustrasi wanita pekerja yang stress. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjalani hobi yang sesuai dengan preferensi individu saat pandemi penting untuk mengurangi stres. Hal itu disampaikan dokter saraf Dewanta Sembiring dari Universitas Sam Ratulangi, Manado.

"Agar hidup lebih sehat, kita harus menghindari stres salah satunya dengan menjalani hobi. Me time (waktu berkualitas untuk diri sendiri) harus ada," kata Dewanta dalam webinar, Rabu 8 September 2021.

Stres adalah reaksi yang normal dirasakan oleh setiap orang. Menurut Dewanta, gejalanya akan bervariasi pada setiap individu. Ada yang merasa jantungnya berdebar-debar saat stres, ada juga yang pusing bahkan mengalami diare. Apa pun gejala yang dirasakan, stres harus dikontrol secara bijak oleh setiap orang. "Misalnya kita perlu melihat segala permasalahan dari sudut yang lain, kalau perlu curhat sama teman atau saudara, penting juga mendekatkan diri dengan Tuhan," katanya.

Stres tak hanya disebabkan oleh hal-hal buruk atau kejadian yang tak diinginkan, tekanan ini juga bisa disebabkan oleh kejadian membahagiakan seperti menyongsong pernikahan, kelahiran buah hati atau promosi naik pangkat di kantor. "Kita harus pandang stres dengan berbagai sudut, jangan jadikan beban," katanya.

Faktor-faktor lain agar hidup sehat kala pandemi meliputi istirahat cukup sekitar 6-8 jam per hari dan kontrol ke dokter secara rutin, juga pengaturan pola makan yang sehat.

Dia mengingatkan untuk mengonsumsi garam dan gula secara cukup, jangan berlebihan untuk mengurangi risiko hipertensi. Makanan asin yang membuat ketagihan seperti keripik, makanan kaleng, minuman soda juga tidak dianjurkan dikonsumsi terlalu banyak. Mengonsumsi terlalu banyak garam membuat potensi terkena hipertensi menjadi tinggi, sementara hipertensi adalah faktor risiko dari stroke.

Selain itu, mengurangi makanan dan minuman yang manis juga perlu untuk mencegah risiko penyakit diabetes. Gaya hidup seperti olahraga teratur juga perlu dilakukan.

Baca: Stres Saat Pandemi Bikin Tubuh Makin Gemuk, Coba Atasi dengan Ini

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."