Resep Masker Wajah DIY untuk Kulit Berminyak dan Rentan Jerawat

Masker oatmeal bisa digunakan untuk segala jenis wajah, hingga yang berjerawat. (Canva)

kecantikan

Resep Masker Wajah DIY untuk Kulit Berminyak dan Rentan Jerawat

Rabu, 8 September 2021 22:55 WIB
Reporter : Terjemahan Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Ada beberapa resep bagus untuk masker wajah buatan sendiri yang akan membantu mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Selain itu juga bisa sangat cocok untuk menghaluskan warna kulit wajah kamu.

Masker ini tidak hanya mudah dibuat, tetapi juga telah dicoba dan diuji dan disukai oleh laki-laki dan perempuan dengan masalah kulit berminyak dan rawan jerawat. Plus, semuanya organik.

Resepnya menampilkan bahan-bahan yang sangat baik untuk kulit berminyak, seperti pisang, tanah liat, jus buah, dan oatmeal. Bahan-bahan ini membantu menghilangkan minyak berlebih sekaligus menenangkan kulit secara alami dan memberikan pH seimbang.

Meskipun kulit berminyak Anda tampak merepotkan, kabar baiknya adalah minyak ini bagus untuk mencegah kerutan. Ironisnya, ketika kamu bertambah tua, kulit kemungkinan akan berhenti memproduksi minyak sebanyak mungkin dan akan menjadi kering, atau setidaknya lebih kering.

Berikut resep masker wajah yang bisa Anda buat sendiri di rumah, seperti yang dilansir dari laman Live About, Rabu 8 September 2021. 

1. Pisang

Pisang akan mencerahkan kulitmu dan membantu mengurangi minyak, jadi ini adalah pilihan yang sempurna untuk masker wajah yang menenangkan. Resep masker pisang sangat sederhana, tumbuk buah pisang dengan madu dan jus lemon atau jeruk.

Ini sebenarnya cara yang sempurna untuk menggunakan pisang matang yang kamu miliki di rumah. Kamu juga bisa membekukannya saat terlalu matang untuk dimakan sehingga siap saat dibutuhkan. Jerawat adalah salah satu bagian terburuk dari memiliki kulit berminyak dan tampaknya muncul tepat sebelum acara-acara penting. 

2. Aspirin dan jus lemon

Masker aspirin dan jus lemon cepat dan efektif. Kamu cukup menghancurkan beberapa aspirin, mencampurnya dengan jus, mengoleskan pasta, lalu membiarkannya kering sebelum dicuci. Rupanya, itu berhasil karena aspirin mengandung asam tertentu yang mirip dengan yang ditemukan dalam perawatan spot untuk jerawat.

3. Stoberi

Stroberi yang indah di lemari es juga merupakan pengobatan yang bagus untuk jerawat, sebab secara alami mengandung asam salisilat, yang merupakan bahan utama dalam perawatan jerawat yang dibeli di toko, menurut Janice Cox, penulis "Natural Beauty at Home."

Cara termudah adalah mencampur buah beri dengan yogurt, sementara yang lain mencampurnya dengan madu, gula merah, dan jus lemon. Masker tidak hanya akan mencegah minyak dan membantu mencegah berjerawat, tetapi juga bagus untuk mencerahkan kulit Anda.

Baca: 5 Resep Masker Wajah Berbahan Kunyit