Bicara Soal Hak Asuh Anak, Angelina Jolie Ungkap Bukanlah Perkara Mudah

Angelina Jolie dalam tayangan In The Bag, Vogue Inggris (Youtube)

cinta

Bicara Soal Hak Asuh Anak, Angelina Jolie Ungkap Bukanlah Perkara Mudah

Minggu, 5 September 2021 16:35 WIB
Reporter : Terjemahan Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Angelina Jolie mengatakan memutuskan bercerai dari Brad Pitt bukanlah sebuah keputusan yang mudah. Salah satunya ialah pertarungan hak asuh yang panjang dengan mantan suaminya Brad Pitt.

Menurutnya, ia bukanlah tipe pribadi yang membuat keputusan dengan mudah, termasuk soal hak asuh. "Butuh banyak bagi saya untuk berada dalam posisi di mana saya merasa harus berpisah dari ayah dari anak-anak saya," kata Angelina Jolie dalam wawancara baru dengan The Guardian, seperti dilansir dari laman People, Minggu 5 September 2021.

Perempuan 46 tahun ini mengajukan gugatan cerai dari Brad Pitt, pada 2016 lalu. Ketika dia ditanya oleh publikasi apa yang telah diambil darinya selama lima tahun terakhir, aktris itu menjawab, "Maksud saya, dalam beberapa hal, ini sudah dekade terakhir. Ada banyak yang tidak bisa saya katakan."

Utusan Khusus untuk Konvensi PBB tentang Hak Anak (UNCRC) ini telah menulis sebuah buku baru yang berfokus pada hak-hak anak di bawah umur — berjudul Ketahui Hak Anda dan Klaim Mereka: Panduan untuk Pemuda — dengan Amnesty International dan Human pengacara hak Geraldine Van Bueren.

Angelina Jolie mengatakan aktivitasnya untuk hak-hak anak sebagian didorong oleh pengalamannya sendiri. "Anda ingin memastikan ada dukungan untuk anak-anak dalam hidup Anda," katanya.

Dia menambahkan dia mengkhawatirkan keselamatan "seluruh keluarganya" di tengah perceraian tetapi "tidak dapat berbicara tentang" detail karena situasi hukum yang sedang berlangsung. (Pitt telah membantah tuduhan pelecehan fisik. "Sulit untuk melihat bagaimana melanjutkan jalan ini," kata seorang sumber yang dekat dengan Pitt menanggapi komentar Jolie).

Jolie mengatakan dia "menyadari bahwa kadang-kadang Anda dapat bertahan hidup, tetapi tidak tahu bagaimana merasakan dan hidup dengan cara yang sama." "Jadi ini lebih tentang terbuka. Saya benar-benar mencoba untuk terbuka sebagai manusia lagi," tambahnya.

Ibu enam anak ini berbagi bahwa dia merasa "hancur" dengan pengalamannya, dan mengatakan dia ingin keluarganya menemukan cara untuk maju, "termasuk ayah mereka."

Seperti diketahui Brad Pitt dan Angelina Jolie adalah orang tua dari Maddox, 20, Pax, 17, Zahara, 16, Shiloh, 15, dan si kembar Vivienne dan Knox, 13. "Saya ingin kita sembuh dan damai. Kita akan selalu menjadi keluarga," tambahnya.

Jolie juga berbicara tentang ikatan keluarganya. Menurut pemahamannya mereka adalah keluarga yang tumbuh bersama, belajar dari satu sama lain, mendiskusikan adopsi, ras, dan keluarga.

Jolie juga mengatakan hidupnya saat ini akan mengejutkan versi dirinya yang lebih muda. "Saya tidak pernah ingin mengasuh anak, saya tidak pernah punya boneka, jadi lucu saya berakhir dengan enam anak," katanya. 

"Di akhir masa remaja, saya menyadari apa itu adopsi dan gagasan bahwa ada anak-anak di seluruh dunia yang telah menjadi yatim piatu, dan itu masuk akal bagi saya. Saya tidak pernah memiliki gagasan tentang 'darah saya sendiri'. ' ... Itu hanya keluarga yang lahir dari kebersamaan dan tumbuh bersama, kan?"

Baca: Bersama Pengacara HAM, Angelina Jolie Tulis Buku Hak-hak untuk Anak