Jadi Istri Pejabat, Arumi Bachsin Ungkap Tak Boleh Cara Duduk Seperti Ini

Arumi Bachsin mendampingi suaminya, dalam acara Pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota di Jawa Timur, 27 Februari 2021. Mantan artis ini sudah mulai mengurangi kiprahnya di dunia hiburan sejak mendampingi Emil sebagai Bupati Trenggalek, Jawa Timur pada 2015. Instagram/@Arumibachsin_94

ragam

Jadi Istri Pejabat, Arumi Bachsin Ungkap Tak Boleh Cara Duduk Seperti Ini

Rabu, 18 Agustus 2021 11:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Arumi Bachsin mengungkapkan menempatkan diri adalah kunci saat mendampingi suami yang terjun ke pemerintahan. Hingga saat ini, ia terus menyesuaikan diri mendampingi Emil Dardak yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur, sebelumnya menjabat Bupati Trenggalek. 

"Ternyata dunianya (pemerintahan) beda banget, ya. Beda banget. Trus juga sampe sekarang Aa, jadi aku punya dua mode, kalau misalkan jadi temen, apa gini-gini. Aku bisa jadi diri sendiri. Pas udah di acara pemerintahan, yaudah aku harus mikir 'oh aku ketua PKK, Ketua Dekranasda, istrinya wagub, okeh'. Aku duduk diem," katanya kepada Irfan Hakim di kanal YouTube deHakims Story, Senin, 16 Agustus 2021.

Arumi mengaku di setiap acara pemerintahan terbantu dengan arahan-arahan protokoler. Ia mengungkapkan di awal masuk ke lingkungan pemerintahan, saat Emil menjadi Bupati Trenggalek pada 2015, banyak belajar tata cara menempatkan diri sebagai istri pejabat, termasuk soal gaya duduk. Ia baru mengetahui saat itu bahwa tak diperkenankan duduk menyilangkan kaki.

"Gak boleh itu ibu pejabat duduk seperti ini, tidak boleh. Silangin kaki, teh gak boleh," ucap ibu dua anak itu. "Emang, gak boleh?" tanya Irfan Hakim.

Arumi Bachsin menunjukkan posisi duduk ibu pejabat saat menghadiri acara. Foto: tangkapan layar YouTube deHakims Story

"Kalau lagi duduk ada acara formal, gak boleh silang," tegas perempuan 27 tahun itu. Kemudian ia menunjukkan pose duduk seharusnya, yaitu duduk dalam posisi punggung tegak dan kedua kaki menyamping ke arah kanan.

Tak hanya soal duduk, ia juga belajar gaya bahasa formal versi pemerintahan, contohnya tiap kali ajudan berbicara padanya selalu diawali mohon izin.

"Mohon izin, aku kaget banget. Tiba-tiba ada ajudan, trus juga 'mohon izin ibu, mohon izin bapak' izin mulu," katanya sambil tertawa.

Ia mengaku sempat belum terbiasa saat mendengar "siap salah" dari para ajudan, meskipun mereka tidak berbuat kesalahan. "Kita baru, 'mas, kok gini' (ajudan langsung merespons) 'siap salah, bu'. Bukan gitu maksud saya, gini loh. Aduh, lucu," ucap ibu dua anak itu.

Kini, ia mengaku terbiasa dan menemukan titik tengahnya dalam menempatkan dri sebagai ibu pejabat. "Udah nge-switch-nya gampang. Orang juga sudah mulai menerima aku bisa memposisikan diri tapi aku enggak yang formal juga," pungkasnya.

Arumi Bachsin menikah dengan Emil Dardak pada 30 Agustus 2013. Mereka dikaruniai dua anak, Lakeisha Ariestia Dardak (7 tahun) dan Alkeinan Mahsyir Putro Dardak (5 tahun). 

Baca juga: Suami Terjun ke Politik, Arumi Bachsin: Mau Gak Mau, Aku Seperti Bos di Rumah