Resep Spesial Liburan HUT RI, Mini Egg Tart dan Strawberry Falooda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kebun strawberry

Ilustrasi kebun strawberry

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Indonesia juga merayakan Hari Kemerdekaan atau HUT RI dengan cara yang unik dan spesial. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan hadir dalam upacara pengibaran bendera di Istana Merdeka untuk memperingati orang-orang yang berjuang untuk merdeka dari penjajah. Masyarakat di seluruh Indonesia juga akan menghias seluruh lingkungan mereka dengan warna merah dan putih, warna bendera Bangsa Indonesia.

Anda juga biasanya akan mengikuti banyak kompetisi yang menyenangkan dan meriah, yang paling terkenal adalah kompetisi makan krupuk di mana tangan anak-anak dan orang dewasa diikat saat mencoba memakan krupuk yang menggantung di udara. Kegiatan seru lainnya adalah balap karung, panjat pinang, dan tarik tambang.

Namun, perayaan tahun ini mungkin belum bisa semeriah dulu karena adanya pandemi, sehingga banyak kegiatan ditunda sampai aman bagi kita untuk berkumpul kembali secara fisik. Tapi jangan sedih, kamu tetap bisa liburan untuk merayakan Hari Kemerdekaan dengan cara yang seru bersama keluarga di rumah.

Coba gunakan waktu di hari libur ini untuk menceritakan sejarah Hari Kemerdekaan kepada anak-anak, mengajari mereka tentang bagaimana bangsa Indonesia yang berlatar belakang berbeda bisa bersatu mencapai kemerdekaan. Teruskan semangat persatuan dan kebersamaan kepada anak-anak.

Meskipun belum bisa berkumpul secara ramai-ramai dengan tetangga ataupun teman sekolah, kita bisa tetap melakukan keseruan perayaan Hari Kemerdekaan di rumah bersama anak dengan mengadakan lomba makan kerupuk, lomba bawa telur dengan sendok, memasak, dan baking bersama.

Berikut persembahan resep-resep dari Greenfields yang bisa kamu coba di rumah bersama dengan buah hati dan nikmati bersama seluruh anggota keluarga.

1. Mini Egg Tart with Strawberry by @auliakaniz

Kreasi resep spesial untuk HUT RI/Foto: Greenfields

Bahan:

4 lembar pastry
2 butir kuning telur
3 sdm icing sugar
1 sdm maizena

Optional:

Greenfields Whipping Cream
Buah stroberi potong
1 sdm terigu
3 sdm Greenfields Whipping Cream
250 ml Greenfields Fresh Milk
1/4 sdm vanila bubuk

Cara membuat:

1. Cetak pastry di cup kecil atau alumunium foil, tusuk-tusuk permukaan pastry dengan garpu agar memudahkan saat proses pematangan.
Panaskan oven 160° untuk 10 menit.
2. Masak fresh milk, kuning telur, maizena, terigu, whipping cream dan vanilla hingga agak mengental sambil di aduk-aduk.
3. Tuang ke cetakan pie 3/4 saja.
4. Masukan egg tart ke oven dengan api atas bawah dan panggang selama 30 menit (sesuaikan oven masing-masing) hingga kecoklatan. Optional: Lalu setelah dingin boleh dihias dengan topping whipping cream, dan strawberry.
5. Siap disajikan.

2. Strawberry Falooda by @nianings

Kreasi resep spesial untuk HUT RI/Foto: Greenfields

Strawberry Puree:

70 gram buah strawberry
1 sdm air
2 sdt gula cair

Jelly strawberry:

7 gr jelly bubuk plain
350 ml air
½ sdt pasta strawberry
Pemanis secukupnya

Kuah susu:

500 ml susu fresh milk
2 sdm krimer nabati
4 sdt gula pasir

Pelengkap:

20 gr bihun beras, rebus dlm air mendidih selama 1-2 menit, tiriskan
1 sdt biji selasih, rendam dlm 100 ml air
4 scoop es krim vanilla
Kacang-kacangan, cincang

Cara membuat:

1. Kuah susu: panaskan fresh milk, krimer dan gula dengan api kecil selama 4-5 menit sambil sesekali diaduk. Dinginkan dalam kulkas.
2. Jelly: masak seluruh bahan hingga matang. Tuang ke wadah, dinginkan lalu potong dadu.
3. Puree: blender seluruh bahan hingga halus, sisihkan.
4. Penyelesaian: tuang puree ke gelas saji, tambahkan bihun disusul selasih dan jelly. Tuang kuah susu, tambahkan es krim, beri taburan kacang cincang. Sajikan segera.

3. Strawberry Yogurt Souf­lle by @hennytriawati

Kreasi resep spesial untuk HUT RI/Foto: Greenfields

Bahan Sou­ffle:

1 butir Telur, pisahkan putih & kuningnya
secukupnya Mentega/margarin, untuk olesan ramekin
secukupnya Gula pasir, untuk taburan ramekin
1/2 cup Greenfields Yogurt Strawberry
Sejumput Garam
1 sdm Tepung terigu
1/4 sdt Jeruk nipis/lemon
20 gr Gula pasir

Bahan Strawberry Compote:

125 gr buah stroberi, potong-potong
50 gr Gula pasir
1 sdt Perasan Jeruk Lemon

Cara membuat:

1. Strawberry Compote: Masak strawberry, gula pasir & perasan jeruk lemon dengan api kecil, hancurkan stroberi perlahan, masak hingga gula larut & cukup mengental. Sisihkan.
2. Siapkan ramekin, olesi tipis-tipis seluruh bagian dalam ramekin dengan mentega & taburi dengan gula secara merata, sisihkan.
3. Campur kuning telur, yogurt strawberry, garam, dan tepung terigu, aduk rata. Di mangkok lain, kocok putih telur, beri perasan jeruk lemon & gula secara bertahap, kocok hingga soft peak. Masukkan putih telur kedalam kuning telur, aduk perlahan hingga rata.
4. Tuang penuh adonan souffle kedalam ramekin hingga ke mulut ramekin. Panggang di suhu 190°C selama 15-20 menit. Sesuaikan oven masing-masing & pastikan oven sudah panas sebelumnya.

Penyajian: Keluarkan souffle dari oven, tuang strawberry compote diatasnya.

Baca: Kreasi Dua Resep Camilan Berbahan Pisang, Ada Nugget dan Karamel

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."