Isi Liburan HUT RI dengan Nonton Film Kemerdekaan, dari Kartini Sampai Soekarno

Dian Sastro saat berperan sebagai Kartini dalam film Kartini. Twitter.com

ragam

Isi Liburan HUT RI dengan Nonton Film Kemerdekaan, dari Kartini Sampai Soekarno

Selasa, 17 Agustus 2021 06:06 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Tepat di hari ini, 17 Agustus 2021 Indonesia akan segera merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT RI ke-76. Perayaan sakral ini biasanya dilakukan dengan mengadakan upacara pengibaran bendera berbagai perlombaan untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang gugur.

Selain itu, kamu juga dapat liburan sekaligus merayakan 17 agustus dengan menonton film yang menceritakan nilai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan untuk meningkatkan nilai-nilai kebangsaan kita. Ada banyak sekali kisah perjuangan para pahlawan Republik Indonesia yang kerap diabadikan dalam bentuk

Berikut lima film yang bisa ditonton untuk merayakan 76 tahun Indonesia merdeka

1. Kartini

Salah satu sosok pahlawan perempuan Indonesia, yang namanya tidak akan pernah hilang dalam dunia pendidikan. Pengaruhnya terhadap peran perempuan dalam pendidikan membuat namanya akan selalu dikenang sebagai salah satu inspirasi bagi kaum wanita dalam berjuang atas hak-haknya.

2. Merah Putih

Film yang mengisahkan para pemuda dari berbagai suku yang berjuang mempertahankan kemerdekaan Tanah Air Indonesia. Berlatar belakang tahun 1947, Merah Putih adalah bagian pertama dari rangkaian film "Trilogi Merdeka" yang terdiri dari sekuel selanjutnya "Darah Garuda" pada 2010 dan "Hati Merdeka" 2011.

3. Sang Pencerah

Film ini bercerita tentang seorang tokoh agama dan pahlawan, Kyai Haji Ahmad Dahlan yang disutradarai langsung oleh Hanung Bramantyo. Saat itu, Kyai Haji Ahmad Dahlan yang baru pulang dari Mekkah melihat warga kampungnya mengamalkan ajaran agama yang keliru. Beliau dan teman-temannya memulai dengan membenarkan arah kiblat. Melalui film sejarah Indonesia yang satu ini, penonton akan diajarkan dan dapat memetik nilai-nilai tentang toleransi dan semangat perjuangan untuk melepaskan diri dari penjajahan serta penindasan.

4. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta 

Film bergenre kolosan, menampilan sosok sultan agung yang terkenal ambisius dan berani dalam keputusannya untuk menyerang VOC di batavia. Tidak hanya mengisahkan tentang perjuangan. Namun film ini juga mengisahkan kisah cinta dari Sultan Agung yang harus mengorbankan cinta sejatinya dengan lembayung karena terpaksa menikahi perempuan ningrat yang bukan pilihannya.

5. Soekarno: Indonesia Merdeka 

Film ini menceritakan seorang anak kecil yang bernama kusno. Karena sering sakit-sakitan, orang tua nya mengganti namanya menjadi Soekarno. Dalam film ini, Soekarno akan tampil denhan pidato-pidato nya yang menundang semangat salah satunya adalah "Indonesia Menggugat" Film yang dikisahkan dengan sangat detail. Peristiwa masa-masa pengasingan Soekarno, sampai dengan detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia yang mengharukan.

Baca: HUT RI ke-76 saat Pandemi, Sri Mulyani: Saling Peduli, Sayang, Memberi Semangat