5 Makanan dan Minuman Ini Bikin Kulit Kering, Ada Gula dan Gorengan

Ilustrasi kulit kering. Shutterstock

kecantikan

5 Makanan dan Minuman Ini Bikin Kulit Kering, Ada Gula dan Gorengan

Jumat, 13 Agustus 2021 13:35 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Sudah rutin perawatan dan pakai skincare, tapi kulit masih nampak kering? Ternyata, meskipun melakukan rutinitas perawatan kulit, namun tidak akan berhasil jika pola makan tidak terjaga. Akibatnya, kulit menjadi kering rentan kusam dan tampak lebih tua.

Asupan makanan tertentu bisa menjadi alasan mengapa kulit terasa sangat dehidrasi. Dilansir dari laman Womensweekly, Jumat, 13 Agustus 2021 berikut makanan yang jadi penyebab kulit kering:

1. Gula

Saat mengonsumsi gula, akan terjadi proses glikasi di tubuh. Gula menempel pada protein untuk membentuk molekul berbahaya yang disebut produk akhir glikasi lanjutan (AGE). Protein yang rentan terhadap kerusakan oleh AGE ini umumnya adalah kolagen dan elastin, yang mengakibatkan munculnya kulit kendur atau keriput.

Jadi, menghabiskan banyak budget untuk produk anti penuaan tidak akan memberi hasil yang diinginkan jika masih konsumsi tinggi gula. Gula ditemukan dalam banyak mengandung karbohidrat, jadi perhatikan karbohidrat yang Anda makan.

2. Makanan Gorengan

Makanan yang digoreng sering sarat dengan lemak jenuh teroksidasi yang tidak baik untuk kulit Anda. Tidak seperti lemak sehat seperti omega-3, lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan mempengaruhi sirkulasi darah. Nantinya akan menghambat kemampuan kulit untuk menerima nutrisi yang benar-benar dibutuhkan.

3. Terlalu Banyak Kopi

Kulit bergantung pada hidrasi agar tetap kenyal dan terlihat muda. Kafein bersifat diuretik dan juga cukup asam. Sifat tersebut membuat kafein dapat memengaruhi hormon dan tingkat stres dalam tubuh, serta kesehatan gastro.

4. Alkohol

Seperti kopi, alkohol membuat tubuh dehidrasi, tetapi juga menyebabkan peradangan di tubuh. Alkohol mengakibatkan kemerahan yang terlihat di kulit. Dehidrasi sangat buruk untuk kulit, jadi jika minum satu atau dua gelas alkohol jangan lupa untuk rehidrasi dengan segelas air.

5. Susu

Banyak produk susu berasal dari sapi. Kandungan hormon dalam susu sangat tinggi. Sapi sering diberi makan hormon agar mereka tetap memproduksi susu sepanjang tahun. Hormon-hormon yang secara tidak sengaja terminum dari produk susu ini pada akhirnya bisa memicu jerawat, kelebihan estrogen dan peningkatan lendir dalam tubuh.

Kemudian juga bisa jadi masalah seperti peradangan dan proliferasi jenis bakteri berbahaya tertentu. Solusinya adalah pilih susu dari sumber lain seperti kacang yang jauh lebih baik.

Baca: 7 Bahan Alami untuk Melembabkan Kulit Kering, Mudah Dibuat di Rumah