Banyak Rapat Virtual Bikin Mata Cepat Lelah, Lakukan Triple 20 Agar Mata Sehat

Ilustrasi bekerja dari rumah. (Shutterstock)

kesehatan

Banyak Rapat Virtual Bikin Mata Cepat Lelah, Lakukan Triple 20 Agar Mata Sehat

Kamis, 12 Agustus 2021 20:39 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat pandemi, masyarakat semakin sering menghabiskan waktu di depan layar. Ada yang yang harus menghadiri rapat virtual yang tiada akhir. Ada pula yang harus mendengarkan pelajaran dari guru secara virtual dari pagi hingga sore hari. Hal ini belum ditambah ketika Anda menikmati hiburan diri. Dulu sebelum pandemi melanda, Anda mungkin akan jalan-jalan ke mall atau tempat wisata, namun kali ini banyak sekali orang yang memilih untuk menonton drama Korea atau film berjam-jam di aplikasi atau televisi untuk menyenangkan diri. Tak heran, mata Anda semakin lelah akhir-akhir ini karena bekerja tiada henti.

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Cabang DKI Jaya Elvioza mengatakan selain waktu yang dihabiskan dengan mata pada berbagai kegiatan di masa pandemi ini semakin banyak, jarak mata dengan layar pun semakin dekat. "Mata kita itu bekerja berat bila kita bekerja dengan jarak dekat dengan layar atau kurang dari 6 meter (antara mata dan layar)," kata Elvioza pada acara bertajuk 'Save Your Sight: Prevent Blindness Due to Age-related Macular Degeneration (AMD)' by Novartis Indonesia pada Kamis 12 Agustus 2021.

Elvioza mengatakan mata seseorang akan berkontraksi bila jarak mata dengan layar kurang dari 6 meter. Sebaliknya, ketika seseorang menonton lebih dari 6 meter, maka otot mata kita akan melakukan relaksasi. "Tidak heran, kalau banyak melihat di komputer dengan jarak dekat, maka beban mata akan lebih tinggi. Mata pun akan lelah," katanya.

Tidak heran bila mata seseorang pun akan burem. Ia pun menyarankan agar masyarakat mengimbangi pandangan mata di depan layar dengan melihat jauh. "Istilahnya triple 20. Yaitu bekerja (di depan layar) 20 menit, melihat jauh 20 detik sejauh 20 meter," katanya menjelaskan makna slogan itu.

Banyak orang menggunakan istilah cuci mata saat jalan-jalan. Elvioza mengatakan jalan-jalan dengan melihat gunung, pantai atau melakukan kegiatan outdoor memang bisa membuat mata lebih rileks. "Makanya namanya cuci mata, karena seolah mencuci mata dengan membuat lebih rileks. Apalagi kalau melihat objek yang berwarna hijau," kata Elvioza.

Jadi, yuk jaga baik-baik kesehatan mata kita.

Baca: Waspada, 6 Kelainan pada Mata Penyandang Lepra