Debu di Sarung Bantal Bisa Bikin Bakteri Menumpuk di Wajah

Ilustrasi cuci muka. Shutterstock

kesehatan

Debu di Sarung Bantal Bisa Bikin Bakteri Menumpuk di Wajah

Senin, 9 Agustus 2021 15:09 WIB
Reporter : Antara Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Indonesia, Anesia Tania,mengingatkan Anda selalu membersihkan wajah di pagi hari agar kulit wajah tetap sehat.

Menurut Anesia, kondisi kulit pada pagi hari cenderung berminyak karena keringat dan minyak tetap diproduksi pada saat tidur. Selain itu, sel-sel kulit mati dan debu yang terkumpul pada sarung bantal kontak dengan kulit wajah selama tidur yang dapat menyebabkan bakteri menumpuk di wajah sepanjang malam.

"Hasil penumpukan sel-sel kulit mati, produk perawatan kulit yang digunakan pada malam hari, minyak, debu dan bakteri dapat menyumbat pori-pori dan semua itu bisa mengakibatkan munculnya komedo dan jerawat," kata dia dalam keterangan pers, Senin 9 Austus 2021.

Anesia mengatakan, membersihkan wajah di pagi hari dapat menghilangkan penumpukan residu sel kulit mati dan bakteri yang menumpuk sepanjang malam, sekaligus membuat kulit wajah segar dan lembut.

Kondisi kulit yang bersih dan lembap usai dibersihkan pun akan membantu kulit Anda siap menerima produk perawatan kulit selanjutnya sehingga lebih menyerap ke kulit dan jadi lebih efektif.

Pakar dermatologi di Mount Sinai Hospital, Dr. Joshua Zeichner menuturkan, bagi mereka yang punya kulit sensitif, gunakan produk pencuci wajah dengan formula lembut dan bilaslah dengan air hangat.

Menurut dia, pembersih yang menghidrasi adalah pilihan yang baik untuk orang dengan kulit kering. "Produk-produk ini biasanya tidak berbusa dan membantu melembapkan saat membersihkan kulit," kata Zeichner seperti dikutip dari Healthline.

Lalu bagaimana dengan pemilik kulit berminyak atau berjerawat? Pakar kecantikan berlisensi, Stephanie Ivonne menyarankan mereka memilih pembersih yang mengandung asam hidroksi untuk menghilangkan minyak berlebih.

Bagi mereka dengan kulit kombinasi, bisa menggunakan produk mengandung formula lembut untuk menghilangkan kotoran, membersihkan pori-pori, membantu menghilangkan riasan, dan membuat kulit terasa segar, bersih dan terhidrasi.

Sementara itu, Senior Brand Manager Senka Indonesia, Fanny Aeni menuturkan, pada pagi hari setelah kita tidur, kulit cenderung berminyak sehingga Anda memerlukan pembersih wajah yang lembut, yang mampu mengangkat minyak berlebih tanpa rasa kering.

Memahami hal ini, perusahaannya menghadirkan produk yang bisa menjadi alternatif pilihan pembersih wajah di pagi hari untuk kulit kombinasi dan berminyak bahkan sensitif, yang diformulasikan dengan beauty serum dan mild gel untuk membersihkan dan menutrisi kulit wajah sekaligus agar kulit wajah sehat merona.

Baca: Tips Perawatan Kulit Wajah Untuk Para Pendaki Gunung Perempuan