Tips Perawatan Kulit Wajah Untuk Para Pendaki Gunung Perempuan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita mendaki gunung. shutterstock.com

Ilustrasi wanita mendaki gunung. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mendaki gunung, kegiatan yang tidak hanya disukai oleh pria namun wanita. Dengan suguhan pemandangan yang indah, membuat kegiatan mendaki gunung ini digemari oleh berbagai kalangan termasuk anak muda. Ada berbagai tantangan yang akan dialami para pendaki gunung perempuan ketika menikmati aktivitas naik gunung. Tidak jarang wajah para pendaki ini harus mengalami masalah kulit wajah kering, kemerahan hingga mengelupas. Agar mengurangi dampak buruk masalah kulit wajah itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan demi menjaga agar kulit wajah tetap sehat.

Aggota EIGER Adventure Service Team, Dini Hanifah menjelaskan beberapa masalah kulit yang biasanya dialami para pendaki terjadi akibat cuaca gunung yang tidak menentu seperti panas, ber-angin, dan dingin. Ditambah lagi, tidak jarang wajah kita terbakar, karena lupa bahwa posisi gunung yang terkena teriknya sinar matahari, namun suhu di lingkungan kita terasa dingin. Dini pun membagikan tips dalam mengatasi masalah kulit selama mendaki gunung.

Dalam Live Instagram Cerita Cantika, yang diselenggarakan pada Jumat, 16 Juli 2021 bersama @cantikadotcom, Dini mengungkapkan bahwa perawatan wajah yang paling utama adalah penggunaan sunscreeen atau sunblok dan pelembab.

"Kan kita kalau di Gunung, outdoor banget kan ya, jadi banyak cahaya matahari. Jadi yang paling utama itu, pakai sunscreen, pakai pelembab gitu," kata Dini

Dini juga menuturkan bahwa perawatan lain yang bisa disiapkan adalah facial wash. Facial wash atau sabun muka dapat digunakan ketika pendaki telah tiba di basecamp.

Selain Dini, Ka Abex melalui di intagram @eiger.east juga ikut memberikan tips perawatan wajah khususnya perempuan selama pendakian. Dia menambahkan lipbalm sebagai perawatan yang harus disiapkan. Lipbalm dapat membantu bibir agar tetap sehat, tidak kering dan menelupas. Menggunakan lipbalm dapat dilakukan selama beberapa jam sekali.

Lap wajah seperti tisu dan kapas juga perlu disiapkan untuk membersihkan wajah. Lap wajah akan membantu untuk membersihkan kulit yang mungkin terkena debu selama mendaki. Abex juga memberikan tips agar para wanita tidak make up selama di gunung, hal ini dimaksudkan agar wajah tidak berjerawat karena debu dan keringat yang dikeluarkan selama melakukan pendakian.

Sebagai penutup, Abex menuturkan bahwa konsumsi air putih dapat menjadi tips selama pendakian. Selain menyegarkan, air putih juga mampu menjaga kesehatan kulit.

FAHIRA NOVANRA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."