BTS Army Indonesia Gelar Vaksinasi Covid-19, Bawa Pesan Saling Melindungi

BTS. Instagram @bts.bighitofficial.

ragam

BTS Army Indonesia Gelar Vaksinasi Covid-19, Bawa Pesan Saling Melindungi

Kamis, 5 Agustus 2021 06:55 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - ARMY— istilah yang digunakan untuk fanbase boyband K-pop BTS — menyelenggarakan program vaksinasi COVID-19 untuk lebih dari 10.000 warga di Indonesia. ARMY juga telah menyiapkan video konser dan pameran seni BTS lengkap di tempat tersebut untuk dinikmati semua orang sambil divaksinasi.

Seperti dilansir dari laman Says, BTS Army di Indonesia yang dijuluki 'Senyum Army' menggelar program vaksinasi pada Sabtu, 31 Juli, di Jakarta Convention Center (JCC).

Program vaksinasi gratis untuk semua orang Indonesia berusia 12 tahun ke atas, terlepas dari minat mereka terhadap BTS. Mereka hanya perlu menunjukkan kartu tanda penduduk atau kartu identitas keluarga untuk divaksinasi. Inisiatif tersebut memanfaatkan 10.000 dosis vaksin Sinovac COVID-19 yang diperoleh dari pemerintah Indonesia.

Senyum Army, fanbase penggemar mega boyband asal Korea Selatan Bangtan Boys (BTS), mendukung program vaksinasi COVID-19 pemerintah dengan menampilkan instalasi pameran bertajuk Stay Gold is for The Vaccinated di Sentra Vaksinasi COVID-19 Nasional GoTix dan Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 di Jakarta Convention Center Hall A dan B, Senayan, DKI Jakarta.

Pameran yang terinspirasi dari video musik BTS dengan judul ‘Stay Gold’ tersebut akan tampil di sepanjang pelaksanaan sentra vaksinasi yang akan menyasar lebih dari 10 ribu peserta dan terbuka untuk publik berusia 12 tahun ke atas.

Program Sentra Vaksinasi COVID-19 GoTix bersama Polda Metro Jaya ini berlangsung dengan dukungan perusahaan ekuitas swasta Cool Japan Fund (CJF), sehingga pemilihan instalasi BTS pun terinspirasi dari Stay Gold, salah satu lagu yang merupakan bagian dari studio album Jepang Map of The Soul: 7 - The Journey.

Di instalasi seni tersebut, peserta dapat melihat-lihat serta berswafoto untuk kenang-kenangan. Kegiatan dilakukan bukan hanya untuk para Army, sebutan penggemar BTS, namun juga masyarakat umum.

Founder Art Exhibition For BTS, Selly Wilson/Dok Pri

“Senyum Army mendukung program percepatan vaksinasi pemerintah. Selain itu, kami ingin menyebarluaskan misi baik vaksinasi agar para Army beserta keluarga dan teman teman mereka dapat terlindungi di masa pandemi ini,” kata perwakilan Senyum Army, Selly Wilson, melalui siaran pers, Sabtu 31 Juli 2021. 

Selly melanjutkan, Selain itu, pihaknya akan memutar video konser BTS di ruang observasi untuk menghibur peserta yang telah divaksin.”

Masyarakat dapat mendaftar dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Keluarga (KK) aktif bagi peserta vaksinasi yang belum memiliki KTP. Peserta vaksin berusia 12 hingga 17 tahun berhak didampingi oleh satu orang pendamping.

Senyum Army berharap vaksinasi ini dapat cepat memutus rantai penyebaran virus Covid-19 sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas secara normal. “Jika rantai penyebaran virus terhenti, Senyum Army ingin kembali melanjutkan pameran 'Rumah' yang tertunda karena PPKM, ” tambahnya.

Sejak 2018, Selly dan beberapa Army di Jakarta aktif mengadakan pameran seni untuk merayakan ulang tahun boyband fenomenal asal Negeri Ginseng yang jatuh setiap tanggal 13 Juni. Pameran berlangsung selama dua bulan, sekaligus sebagai perayaan terbentuknya Army setiap tanggal 9 Juli.

Tahun ini, Senyum Army juga membuka pameran bertajuk 'Rumah' di Plaza Indonesia pada 11 Juni 2021. Pameran ini menampilkan berbagai lukisan anggota-anggota BTS -- RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook.

Pameran ini juga menghadirkan patung dan seni instalasi BTS yang terinspirasi dari konsep album foto BTS Be ‘The Curated Rooms’. Namun, pameran yang direncanakan berlangsung hingga 8 Agustus 2021 ini harus terhenti menyusul diberlakukannya PPKM pada 3 Juli 2021.

Selain pameran seni, Senyum Army juga bekerjasama dengan UNICEF Indonesia dalam penggalangan dana ‘BTS Army untuk Anak Indonesia’ untuk menyediakan makanan serta obat pemulihan bagi anak-anak yang mengalami gizi buruk. Kampanye yang berlangsung sejak bulan Maret lalu ini ditargetkan mampu mengumpulkan dana sebesar Rp 150 juta. Sejauh ini, dana yang terkumpul mencapai Rp 80 juta.

Baca: Suka Duka Selly Wilson Bikin Art Exhibition For BTS, dari Pandemi Hingga Tiket