Suka Duka Selly Wilson Bikin Art Exhibition For BTS, dari Pandemi Hingga Tiket

Art Exhibition For BTS berjudul Rumah/Instagram - @artexhibitionforbts

ragam

Suka Duka Selly Wilson Bikin Art Exhibition For BTS, dari Pandemi Hingga Tiket

Sabtu, 3 Juli 2021 09:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak cara penggemar mengekspresikan rasa kasihnya kepada sang idol. Salah satunya adalah membuat pameran seperti yang dilakukan Inisiator Art Exhibition For BTS, Selly Wilson. Selly sangat menyukai BTS, boy band asal Korea Selatan yang saat ini sangat digemari masyarakat dunia.

Tahun ini adalah pamerannya yang ketiga. PArt Exhibition For BTS pertama Selly Wilson bertema 'All The Way Up', kedua 'Love Yourself''. Pameran ketiga yang masih berlangsung hingga 8 Agustus 2021 di Plaza Indonesia kali ini, bertema 'Rumah'. Ia pun bekerja sama dengan UNICEF untuk membantu menyediakan 2.000 RUTF (obat gizi buruk) bagi anak Indonesia yang mengalami malnutrisi.

Founder Art Exhibition For BTS, Selly Wilson/Dok Pri

Ada banyak tantangan yang dialami Selly ketika membuat pameran itu. Bahkan ada pula beberapa temannya yang mempertanyakan kegiatan dia membuat pemeran untuk BTS itu. "Cara pandang aku, itu (pameran BTS) kan sebuah instalasi seni yang aku buat dari sudut pandang aku sendiri terhadap lagu nya BTS," kata Selly Wilson dalam unggahan live Cantika pada tanggal 25 Juni 2021.

Art Exhibition for BTS tahun ini menampilkan berbagai dekorasi kamar para anggota BTS yang sudah terkonsep dari album BTS tahun lalu. Ada pula gambar wajah para pria tampan itu yang bisa menjadi latar belakang pemotretan para pengunjung saat mampir di pameran itu. "Jadi orang pasti akan membandingkan mirip atau tidaknya (kamar BTS di pameran dengan gambar di album)," kata Selly Wilson.

Art Exhibition For BTS berjudul Rumah/Instagram - @artexhibitionforbts

Proses pembuatan dekorasi kamar itu tentunya tidak mudah. Butuh waktu 1 tahun bagi ibu dua anak ini untuk mempersiapkan pameran tentang BTS itu. Bahkan, beberapa barang di pameran itu pun khusus dipesannya dari luar negeri. Berbeda dengan pameran-pameran sebelumnya dimana Selly harus menggunakan kocek sendiri, kali ini Selly Wilson bekerja sama dengan fans BTS, yang tergabung dalam Senyum ARMY. Mereka telah menabung selama 10 bulan untuk Art Exhibition For BTS tahun ini.

"Aku sampai melakukan hal-hal gila, seperti menjual tas aku untuk membuat pameran awal. Karena memang biayanya besar. Apalagi aku memilih tempat yang bagus," kata Selly Wilson yang berharap ARMY lain bisa berbahagia ketika datang ke pamerannya.

Selly sangat berusaha agar Art Exhibition For BTS ketiga dibuat sebagus dan semenarik mungkin. Selly Willson dan senyum ARMY membagikan 6 ribu tiket gratis. Tidak bisa selalu memberikan tiket gratis, selanjutnya Selly Wilson pun menjual tiket pamerannya dengan harga Rp 100 ribu. Dana itu digunakan sebagian untuk menutupi kekurangan biaya pembuatan pameran serta menyumbang untuk RUTF melalui UNICEF. "Akhirnya ya sudah yang 300-350 kami terpaksa harus jual tiket untuk menutupi kekurangan biayanya. Karena permintaannya semakin banyak," kata Selly Wilson.

Saking banyaknya ARMY yang ingin datang ke Art Exhibition For BTS itu, Selly Wilson pun akhirnya menambah sewa pameran hingga 1 bulan lagi. Sebagian biaya tiket itu pun digunakan untuk keperluan protokol kesehatan ketat demi pengunjung bisa aman dan nyaman menikmati pameran itu. "Kami menyemprotkan disinfektan setiap hari agar terhindar dari infeksi Covid-19," katanya.

Sayang, semakin tingginya kasus Covid-19 saat ini di kawasan Jakarta, membuat semakin banyak ARMY yang khawatir untuk datang ke Art Exhibition for BTS. Padahal ARMY itu sudah membeli tiket pasuk pameran. Akibatnya banyak ARMY yang memilih batal untuk datang dan meminta uang tiket mereka kembali. "Tapi aku tidak bisa mengembalikan uang tiket mereka," kata Selly Wilson sambil meneteskan air mata.

Selly mengaku sempat stres dan terbawa emosi dengan kondisi pengembalian tiket yang ia hadapi. Menurut Selly, uang tiket yang sudah dibeli, sudah digunakannya untuk membayar biasa sewa tempat pameran, Plaza Indonesia. Memilih tempat pameran di jantung ibu kota, tentu saja harganya tidak murah.

Selly Wilson mengatakan daripada meminta uang tiket mereka kembali, Selly lebih menyarankan agar ARMY yang batal datang ke Art Exhibition For BTS bisa menjual tiket mereka ke ARMY lain. "Aku tidak bisa mengembalikan tiket, karena uangnya sudah aku pakai untuk bayar ballroom," kata Selly Wilson yang penuh air mata.

Tidak mudah memang membuat acara atau pameran di tengah pandemi dan situasi sulit ini. Namun Selly Wilson berharap pamerannya bisa menjadi salah satu obat rindu untuk ARMY yang pasti kangen dengan idola mereka BTS yang terakhir datang ke Indonesia pada 2017.

Baca: 5 Cara ARMY Menggilai BTS, Antre 20 Jam Hingga Galang Donasi

NATHASYA ESTRELLA