Greysia / Apriyani Raih Medali Emas, Annisa Pohan: Bangga Sekaligus Terharu

Peraih medali emas Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berpose dengan medali emas seusai final badminton ganda putri di Olimpiade Tokyo 2020, Jepang, Senin, 2 Agustus 2021. Kemenangan ini sekaligus menjaga tradisi medali emas Olimpiade dari cabang olahraga badminton. REUTERS/Hamad I Muhammad

ragam

Greysia / Apriyani Raih Medali Emas, Annisa Pohan: Bangga Sekaligus Terharu

Senin, 2 Agustus 2021 15:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasangan Greysia Polii / Apriyani Rahayu (Greysia / Apriyani) meraih medali emas Olimpiade Tokyo setelah memenangkan final kontra wakil Cina Chen Qing Chen/Jia Yi Fan pada laga yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Senin 2 Agustus 2021.

Kemenangan dua gim langsung dengan skor 21-19 dan 21-15 itu menjadikan mereka ganda putri Indonesia pertama yang meraih emas Olimpiade. Spontan, masyarakat Indonesia turut bangga dan haru atas capaian mereka keduanya.

Sejumlah pesohor pun ikut menyampaikan ucap terima kasih. Mulai dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyampaikan rasa bangganya untuk Greysia dan Apriyani di laman instagramnya, Selasa 2 Agustus 2021. 

Presiden Jokowi menuliskan penantian emas itu berakhir sudah siang ini. Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020 dalam pertandingan yang alot dan mendebarkan.

"Kemenangan ini menjadi kado ulang tahun kemerdekaan Indonesia, dua pekan lagi. Selamat dan terima kasih Greysia/Apriyani!" tulisnya.

Selain itu, ucapan selamat dan turut bangga juga datang dari  Annisa Pohan yang mengunggah video di feed instagramnya seraya menangis penuh haru.

"Emas pertama ganda putri. Selamat Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, kami bangsa Indonesia luar biasa bangga sekali, sekaligus terharu," tulis Annisa di keterangan Video, saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan.

Istri Agus Harimurti Yudhoyono ini berterima kasih atas karya mereka berdua untuk bangsa Indonesia.

Sebagai informasi, pada awal gim pertama pasangan Indonesia berhasil unggul cepat 4-1. Keunggulan tiga angka itu terjaga hingga skor 6-3.

Pengamatan yang cermat dari Greysia Polii sempat membuat mereka unggul 7-3, namun pasangan Cina berhasil langsung membalikkan kok dengan smash keras di depan net menyambar pengembalian Apriyani Rahayu yang tanggung.

Apriyani sempat mengajukan challange ketika smash Chen Qing Chen jatuh di belakangnya. Akan tetapi wasit menyatakan angka tetap untuk pasangan Cina itu sehingga keunggulan Indonesia terpangkas menjadi 8-7.

Baca: Greysia Polii dan Apriyani Rahayu Raih Medali Emas, Dian Sastro: Terima Kasih