Bra yang Anda Kenakan Terlalu Ketat? Simak 3 Tips Berikut Ini

Ilustrasi cara mengenakan bra. Home.bt.com

kesehatan

Bra yang Anda Kenakan Terlalu Ketat? Simak 3 Tips Berikut Ini

Kamis, 29 Juli 2021 18:25 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, JakartaBra yang longgar bisa jadi kurang menopang, tetapi bra yang terlalu ketat bisa membatasi gerakan Anda, dan menyebabkan rasa sakit yang nyata. tali pengikat dan penyangga bawah dapat membuat bahu dan tubuh bagian atas terasa kaku dan nyeri.

Jika bra Anda membuat Anda tidak nyaman, Anda mungkin curiga bra Anda tidak pas. Tapi bagaimana Anda tahu jika bra Anda benar-benar terlalu ketat?

Percaya atau tidak, memakai bra terlalu ketat bisa berdampak negatif bagi pemakainya dalam banyak hal, salah satunya kesehatan.  Berikut tanda bra Anda terlalu ketat dan bagaimana mensiasastinya. seperti yang dilansir dari laman Healthline, Kamis 29 Juli 2021. 

Kulit iritasi dan lecet

Bra yang ketat dapat menyebabkan sejumlah masalah kulit, termasuk folikulitis, dermatitis, ruam panas, dan gatal-gatal. Ruam panas terjadi ketika saluran keringat tersumbat, dan gatal-gatal dapat berkembang melalui tekanan fisik pada kulit.

“Ketika pakaian ketat menggosok kulit, itu dapat menyebabkan keringat berlebih serta iritasi dan peradangan pada folikel rambut. Tidak hanya itu, bakteri dan/atau jamur di permukaan kulit dapat lebih mudah menembus folikel rambut ini sehingga menyebabkan infeksi," kata Heather Downes, MD, dokter kulit bersertifikat dewan dan pendiri Lake Forest Dermatology.

Sering menyesuaikan tali bra

Anda mungkin menemukan diri Anda terus-menerus menyesuaikan tali saat bra bergeser dengan gerakan Anda. Anda telah mengembangkan refluks asam, atau menjadi lebih buruk"Pakaian ketat, seperti Spanx, di perut dapat meningkatkan tekanan intra-abdomen ke titik di mana seseorang dapat mengalami refluks asam dari asam yang didorong dari perut ke kerongkongan bagian bawah," kata Downes.

Lepas dari cup bra

Terkadang bra tampak pas di ruang ganti, tetapi saat Anda bergerak sepanjang hari, payudara Anda mulai terlepas dari cup di bagian depan atau samping.

"Cup yang terlalu kecil bisa menyakitkan untuk dipakai, terutama jika ada kawat di bawahnya," kata Robynne Winchester, pemilik jaringan pakaian dalam Bay Area Revelation in Fit.

Payudara Anda yang tidak pas di cup yang menempel di payudara itu sendiri juga bisa menjadi tanda bahwa bra Anda terlalu kecil.

"Kawat bawah yang dipasang dengan benar harus benar-benar melacak akar payudara Anda, dan itu harus rata di tulang rusuk Anda," kata Winchester.

Tubuh bagian atas sakit

“Masalah kecocokan bra yang paling umum adalah cup yang terlalu kecil dan tali yang terlalu longgar,” kata Winchester. "Ini menghasilkan bra yang tidak mendukung, tidak nyaman, dan menyebabkan masalah seperti nyeri bahu dan punggung."

Winchester mengatakan bahwa orang sering mengganti tali yang terlalu longgar dengan mengencangkan tali terlalu banyak, yang membuat bahu tegang.

Berbicara tentang tali pengikat yang ketat, Downes mengatakan masalah umum adalah masalah kulit yang memburuk karena tali pengikat yang terlalu kencang. “Apa yang saya lihat… dalam praktik saya adalah tali bra ketat yang menggesekkan lesi kulit jinak seperti keratosis seboroik dan tahi lalat. Lesi ini kemudian bisa membengkak atau berdarah dan bisa terasa sakit.”

Lantas, bagaimana cara memperbaiki bra yang ketat:

Naik satu nomor

Jika Anda berada di set pertama atau kedua, perbaikan tercepat adalah naik ke set berikutnya untuk (secara harfiah) sedikit lebih banyak ruang bernapas. Jika Anda sudah menggunakan kait terakhir tetapi belum ingin membeli bra yang sama sekali baru, cobalah pemanjang bra.

Sesuaikan tali Anda

Inilah fakta yang sedikit diketahui tentang konstruksi bra: Sebagian besar penyangga bra berasal dari tali jam, bukan tali atau cangkirnya.

“Mengencangkan tali saat tali longgar menyebabkan tali naik di belakang, yang selanjutnya mengurangi dukungan. Pikirkan jungkat-jungkit — ketika bagian belakang naik, bagian depan turun, ”kata Winchester.

Jika tali pengikat atau pita Anda masuk ke dalam kulit Anda, bra Anda mungkin lebih pas jika Anda menyesuaikan tali Anda menjadi lebih panjang, menggerakkan pita lebih jauh ke bawah punggung Anda.

Pakai ukuran yang berbeda

Anda mungkin telah dituntut untuk percaya bahwa setiap orang hanya satu ukuran bra tetapi pikirkanlah - tidak setiap kemeja atau celana jins di lemari pakaian Anda memiliki ukuran yang persis sama.

Tergantung pada banyak faktor, ukuran bra Anda dapat menyesuaikan. “Fluktuasi hormon, usia, dan kehamilan dapat mengubah ukuran bra seseorang,” kata Winchester. Anda mungkin ingin mencoba beberapa ukuran yang sedikit berbeda, dan menyimpan simpanan yang paling sesuai.

Baca:Tips Memilih Bra yang Tepat, Jangan Lupa Membungkuk dan Jujurlah