Potret Jessica Iskandar Pakai Kebaya Bali, Detail Brokat dan Selendang

Baru-baru ini Jessica Iskandar memamerkan penampilannya dalam balutan kebaya Bali bernuansa oranye. Wanita yang akrab disapa Jedar itu kerap mengunggah foto dirinya saat berpenampilan khas wanita Bali. Instagram/inijedar

mode

Potret Jessica Iskandar Pakai Kebaya Bali, Detail Brokat dan Selendang

Rabu, 28 Juli 2021 14:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Jessica Iskandar sudah hampir setahun lebih menetap di Pulau Dewata, Bali bersama putranya, El Barack Alexander. Seperti filosofi dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung, Jessica pun kerap mengikuti momen perayaan Hari Raya dan juga ritual melukat.

Begitu pun dengan busana yang dipilih dalam acara tersebut menyesuaikan dengan adat Bali. Jessica beberapa kali mengunggah foto anggunnya saat berkebaya khas Bali.

Kebaya Bali berbeda dengan daerah Jawa, kain yang digunakan banyak detail brokat dan embroidery. Begitu pula warnanya lebih terang dan cerah.

Selain itu, pelengkapnya berupa selendang yang bukan dipakai di pundak, tetapi di pinggang.Selendang yang dililit pada bagian perut ini memiliki makna dan harapan agar perempuan di Bali harus menjaga dirinya dan menjauhi hal-hal negatif yang dapat menimbulkan keburukan.

Berikut sederet penampilan Jessica Iskandar saat mengenakan busana kebaya aneka warna.

1. Kebaya warna terracotta

Baru-baru ini Jessica Iskandar memamerkan penampilannya dalam balutan kebaya Bali bernuansa oranye. Wanita yang akrab disapa Jedar itu kerap mengunggah foto dirinya saat berpenampilan khas wanita Bali. Instagram/inijedar

Dalam foto yang diunggah pada Senin, 26 Juli 2021 lalu, perempuan kelahiran 29 Januari 1988 ini mengenakan kebaya full brokat warna terracotta atau merah bata. Sementara bawahannya, ia memakai kain motif batik warna hijau pupus. Seperti khasnya kebaya Bali, selendang menjadi fashion statement yang membuat ciri kas berbeda. Jessica mengenakan selendang warna fuschia yang kontras dengan kebayanya, sementara rambutnya digelung messy.

2. Kebaya warna lilac

Saat mengenakan kebaya Bali, Jedar kerap menggunakan riasan wajah yang natural sehingga membuat wajah cantiknya tampak fresh. Instagram/inijedar

Kebaya khas Bali dikenal dengan warna-warna cerah dan terang. Seperti yang dikenakan Jessica, ia terlihat anggun dengan kebaya lengan pendek warna lilac full brokat. Senada dengan selendang warna fuschia, ia mem-pairing dengan kain motif khas Bali.

"Perempuan yang hebat itu mampu menghapus air matanya sendiri kemudian bangkit untuk melupakan kesedihannya #bali," tulisnya di keterangan foto,

3. Kebaya warna peach

Tak hanya itu, Jedar juga kerap membagikan momen berpenampilan dengan kebaya saat mengikuti upacara ada Bali. Instagram/inijedar

Saat mengikuti momen melukat, pemeran film Dealova ini mengenakan kebaya bahan crepe berwarna peach. Bawahannya, ia mengenakan kain sarung motif warna hijau pupus dan dilengkapi selendang fuschia.

"Semua ada yang sudah pernah melukat? Aku kemarin melukat di bulan purnama terakhir di tahun 2020. Di alam yang super indah dan bersih, banyangin aku turun ratusan anak tangga pakai kebaya lengkap dengan sarungnya, jadi gek bali #bali #melukat," tulisnya di keterangan foto, 31 Desember 2020.

Mengutip dari laman sejarah hari raya Hindu, melukat adalah berasal dari bahasa jawa kuno yaitu lukat yang artinya bersih, melukat yang simpel bisa kita laksanakan pada mata air /aliran sungai di laut atau pertemuan laut dan sungai kalau di bali biasanya dekat pura segara atau di beji.

Jika ada pemangku akan lebih gampang, bilang saja sama mangkunya ingin melukat karena ada beberapa pura yang melukatnya dilakukan oleh pemangku langsung.

Kalau sendiri sangat mudah sekali sembahyang dulu di dekat mata air atau aliran air itu mohon pensucian agar air tersebut diberi daya kekuatan untuk membersihkan diri.

Bagaimana penampilan Jessica Iskandar sudah serupa dengan perempuan Bali kan?

Baca: Gaya Kasual Jessica Iskandar Pakai Crop Top, Dominan Monokrom dan Minim Corak