5 Tips Penting Buat Ibu Bekerja di Rumah Tanpa Asisten Rumah Tangga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi bekerja sambil berlibur. Foto: Mariott Bonvoy

Ilustrasi bekerja sambil berlibur. Foto: Mariott Bonvoy

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di masa Pandemi Covid-19, banyak orang tua bekerja atau working parent yang memilih untuk tidak mempekerjakan Asisten Rumah Tangga (ART) karena berhemat atau memang ingin lebih terlibat dengan kegiatan rumah tangga.

Hal tersebut tentunya bukan perkara mudah, apalagi jika Anda seorang ibu bekerja yang mesti menyesuaikan waktu bersama anak ketika bekerja dari rumah. Tentu saja Anda dan pasangan harus menciptakan strategi khusus supaya semua kegiatan rumah tangga dapat berjalan dengan lancar.

Untungnya kemajuan teknologi bisa sangat membantu menyelesaikan urusan rumah tangga yang kadang menguras energi. Bagi Anda yang saat ini tidak memiliki ART, tips dari Grab ini bisa diikuti agar urusan rumah tangga lancar walau tanpa ART:

1. Belanja Bulanan Online

Hal ini merupakan prioritas utama kita saat enggak memperkerjakan ART. Terkadang, belanja ke supermarket dan pasar dapat menyita waktu. Sekarang, enggak perlu takut buang-buang waktu di supermarket atau pasar untuk mendapatkan bahan makanan segar dengan harga terjangkau. Apalagi kalau kita punya segala macam perintilan yang harus diurus di rumah. 

2. Bagi-bagi tugas

Buat daftar urusan rumah tangga Anda, lalu bagi tugas tersebut dengan anggota keluarga yang lain, seperti pasangan atau anak. Semua orang harus saling bekerjasama dan disiplin. Kalau perlu taruh daftarnya di tembok yang terlihat semua orang. Jangan lupa untuk kasih reward buat anak yang sukses melaksanakan tugasnya.

3. Jasa Laundry Kiloan

Punya mesin cuci memang sangat membantu. Tapi setelah itu ada tumpukan cucian yang harus disetrika. Siapa juga yang punya waktu menyetrika pakaian-pakaian ini? Cara paling gampang adalah menggunakan jasa laundry kiloan. Akan lebih menyenangkan lagi kalau mereka bisa antar jemput cucian. Tapi pastikan jumlah cucian yang kita berikan sama dengan yang dikembalikan. Jangan lupa juga untuk memisahkan pakaian yang sering kita gunakan, seperti seragam sekolah atau kantor. Lebih baik pakaian-pakaian tersebut dicuci di rumah karena jasa laundry butuh waktu sekitar 2-3 hari.

4. Teknologi mutakhir

Tidak menyapu lantai tiap hari kalau Anda punya vacuum cleaner robot. Perangkat pintar ini akan membersihkan rumah ketika kita sedang tidur atau sibuk kerja di rumah. Ada banyak pilihan produk dari berbagai merek tersedia di pasaran. Dari yang paling murah sampai yang paling canggih. Peliharaan kita pun bakal senang dengan adanya robot imut ini di rumah!

5. Jasa Bersih-bersih

Kalau kita merasa rumah enggak perlu dibersihkan secara menyeluruh tiap hari, gunakan jasa cleaning service selama seminggu atau sebulan sekali. Buat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, jasa cleaning service dapat dengan mudah dicari melalui internet.

Baca: Curhat Chacha Frederica Tetap Beberes Rumah Meski Ada ART: Bersihnya Beda

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."