Kreasi Resep Idul Adha, Sup Sengkel Kambing Tanpa Santan dan Samosa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Sup Sengkel Kambing/Quest Hotel

Sup Sengkel Kambing/Quest Hotel

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memasuki perayaan Idul Adha, bagi sebagian umat muslim merupakan momen yang paling dinanti dan sangat istimewa. Idul Adha juga sangat identik dengan kambing dan sapi. Setiap keluarga muslim yang merayakan akan menghidangkan masakan daging kambing atau sapi sebagai bahan utamanya.

Melihat banyaknya hidangan berbahan dasar kambing dan sapi, Executive Chef Quest Hotel Darmo Surabaya, Doliez Barmawie berinisiatif untuk membagikan beberapa resep menu olahan kambing melalui siaran langsung di media sosial Instagram.

Melalui akun instagram @questsurabayahotel membagikan resep menu yakni Sup Sengkel Kambing dan juga Samosa Kambing. Memilih hidangan sup sengkel kambing, karena Chef Doliez ingin membagikan resep yang berbeda dari yang sudah pernah ada pada umumnya.

Umumnya olahan kambing banyak menggunakan santan sebagai bahan pelengkap, namun kali ini Chef Dul membuat sup yang sehat tanpa santan sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang.

Bahan-bahan yang dibutuhkan pun juga cukup mudah hanya dengan daging kambing potongan sengkel, wortel, kentang, tomat, seledri, dan bumbu rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, bawang merah, bawang putih dan beberapa bumbu penyedap lainnya.

"Tekstur dari sup yang beragam dari bagian sengkel cenderung kenyal sehingga menjadikan sup tersebut menarik dan berbeda dari potongan daging yang lain," ujarnya melalui siaran pers, Senin 19 Juli 2021.

Menurut Chef Dolief, dengan menggunakan rempah dan bahan-bahan yang sehat menjadikan hidangan tersebut sebagai menu yang sehat dan dapat dikonsumsi sebagai penambah daya tahan tubuh.

Menu lainnya yang dibuat adalah Samosa dengan isian daging kambing di dalamnya. Samosa merupakan camilan khas Timur Tengah, proses membuatnya pun juga cukup mudah hanya dengan bahan seperti wortel, kentang, bumbu maderaas kari, bawang bombay, bawang putih, merica, chicken powder, gula, dan garam.

Semua bahan tersebut ditumis menjadi satu hingga matang kemudian adonan daging yang sudah dibumbui tadi dimasukkan ke dalam kulit pangsit hingga berbentuk segitiga. Kudapan atau hidangan pembuka ini yang sangat mudah dibuat di rumah sebagai kudapan anggota keluarga.

“Sangat senang bisa dapat berbagi resep, karena dengan begini para penonton mendapatkan referensi menu olahan kambing untuk Idul Adha yang berbeda dari yang sudah pernah ada, sup sengkel kambing yang sehat dan cukup mudah dibuat di rumah. Dapat menambah daya tahan tubuh juga karena sup nya yang hangat dengan isian sayur yang menyehatkan tubuh,” kata Chef Doliez.

Bagaimana, Anda mau mencoba resep buatan Chef Doliez untuk Idul Adha?

Baca: Kiat Menyimpan Daging Idul Adha, Siapkan Cuka Putih dan Jeruk Nipis

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."