Bos, Jangan Katakan 7 Hal Ini Pada Bawahan Anda di Kantor

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bekerja di kantor. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tugas atasan di perusahaan bukan sekadar menjadi penentu kebijakan. Bos juga harus bisa menciptakan suasana kerja yang kondusif bagi karyawan. Tidak semua bos bisa bersikap layaknya seorang pemimpin. Banyak yang bersikap tidak menghargai karyawan yang membuat mereka kurang dihargai.

Bos yang hebat seyogyanya bisa dihargai dan menghargai karyawan. Menurut Times of India, jika atasan hebat, maka dia tidak akan pernah mengatakan hal berikut pada karyawan.

Kamu beruntung punya pekerjaan
Jika karyawan menolak pekerjaan yang diberikan, carilah alasan. Miliki sikap empati terhadap karyawan. Tanyakan secara baik-baik mengapa mereka tidak mau melakukan pekerjaan ini. Jangan pernah membuat pernyataan yang mungkin menyakiti karyawan.

Saya bos, lakukan apa yang saya katakan
Sekalipun bos, Anda harus menghormati semua orang yang ada di tempat kerja. Mengatakan pernyataan seperti ini termasuk hal yang tidak sopan dan cenderung merendahkan karyawan. Akan lebih baik jika Anda buat mereka mengerti mengapa tugas itu perlu dikerjakan untuk kepentingan perusahaan dan pegawai.

Saya kecewa
Ini adalah ungkapan umum yang dikatakan orang tua kepada anak-anak. Ini mungkin membuat karyawan merasa seperti anak kecil. Anda dapat memberikan saran yang membangun kepada karyawan daripada mengatakan kecewa pada mereka.

Saya bos dan selalu benar
Tak seorang pun yang ingin merasa mereka bukan bagian dari tim. Tidak ada yang suka bekerja dalam tim di mana pendapat dan saran anggota tidak didengarkan. Karyawan tentu akan menyukai bos yang menghargai saran yang diberikan.

Saya telah bekerja keras untuk ini
Sebagai bos, Anda harus mengakui juga karyawan juga bekerja keras. Bersikaplah terbuka dan berikan apresiasi atas kerja keras yang telah dilakukan oleh karyawan.

Kamu tidak bisa pergi liburan lagi
Kesehatan mental merupakan hal penting untuk dijaga. Jangan membuat karyawan merasa bersalah tentang waktu yang diambil untuk ketenangan diri. Sebaliknya, Anda harus mendukung mereka untuk memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang baik.

Kerja bagus hari ini
Daripada mengatakan hal-hal tersebut, ada baiknya memberikan pujian padanya. Sebagai bos, Anda sebenarnya dapat menghargai mereka karena melakukan apa yang dilakukan dengan benar. Ungkapkan apresiasi dengan spesifik tentang apa yang mereka kerjakan dengan baik. Hal ini membuat karyawan merasa Anda memperhatikan pekerjaan yang telah mereka lakukan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."