15 Tahun Berkarier di Industri Musik, Ini Jurus Jitu BCL Tetap Eksis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Bunga Citra Lestari atau BCL anggun dalam balutan kebaya ombre karya Ghea Panggabean saat menjadi salah satu pengisi acara Ulang Tahun ke-17 acara infotainment Insert di Trans TV pada Rabu, 23 September 2020. BCL bernyanyi dari salah satu ruangan di rumahnya yang kerap disebut BCL's Atiic.Instagram.com/@gheafashionstudio

Bunga Citra Lestari atau BCL anggun dalam balutan kebaya ombre karya Ghea Panggabean saat menjadi salah satu pengisi acara Ulang Tahun ke-17 acara infotainment Insert di Trans TV pada Rabu, 23 September 2020. BCL bernyanyi dari salah satu ruangan di rumahnya yang kerap disebut BCL's Atiic.Instagram.com/@gheafashionstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Bunga Citra Lestari atau BCL mempunyai jurus jitu untuk tetap eksis selama 15 tahun berkarier di industri musik. Ia mengaku beragam hal sudah dilewatinya, dari perubahan zaman, gaya berbusana hingga tren lagu.

"Dari kaset ke CD sampai sekarang ke digital, semuanya sudah berubah," ungkap BCL saat diwawancarai Harper's Bazaar Indonesia yang diunggah di kanal Youtube Harper's Bazaar Indonesia, Senin 28 Juni 2021.

Lantas apa cara BCL tetap eksis hingga saat ini, bahkan lagu-lagunya akrab di telinga generasi milenial? Istri mendiang Ashraf Sinclair ini mengaku selalu belajar dari para senior sekaligus musisi junior.

"Buat aku selalu menantang diri untuk mengembangkan diri, tentunya dari orang yang lebih lama terjun di bidang ini, kita harus belajar etikanya bagaimana caranya untuk sukses. Tapi, jangan lupa juga untuk lihat ke yang baru mulai, karena mereka mempunyai cara yang berbeda untuk sukses di industri musik," ucap perempuan 38 tahun ini.

BCL menyadari kecepatan menjadi salah satu kunci untuk tetap eksis dan bersaing di era serba teknologi. Jadi, ia membuka dirinya kepada musisi muda. "Belajar dari mereka, bagaimana bisa related sama zaman sekarang seperti apa, musik apa yang didengarkan orang sekarang," imbuh pelantun Cinta Sejati ini.

Selain itu, ia menjelaskan selalu menantang dirinya berbuat lebih baik untuk mempertahankan karier gemilangnya hingga sekarang.

"Selalu memacu untuk berusaha lagi. Jadi, walaupun orang sudah senang BCL seperti ini, imej seperti ini, tapi aku-nya harus terus berusaha cari yang baru, cari sound-sound baru untuk musikku, penampilan baru untuk the whole look aku, konsep yang baru, itu harus berkembang terus," ucap ibu Noah Sinclair ini.

Jurus terakhir yang disebutkan adalah pentingnya memperluas pergaulan. "Kita harus selalu bergaul dengan berbagai macam orang. Tentunya hal itu akan selalu memberikan inspirasi baru, kita akan menemukan hal-hal baru," jelasnya.

Bagi para perempuan yang baru meniti karier di bidang musik, ia menyarankan untuk benar-benar mengetahui diri sendiri dan apa yang diinginkan. "Selalu jujur sama sendiri dan karya sendiri," katanya.

Menurutnya, melakukan yang terbaik untuk diri sendiri dan yakin dengan kerja keras, hasilnya tak pernah berkhianat. Menyoal beragam respons orang terhadap suatu karya, ia meyakinkan selama karya dibuat dengan tulus dan ikhlas, para penggemar akan selalu mendukung. Tak lupa, BCL mengungkapkan pentingnya semangat dalam bermusik.

Baca juga: Sebab Bunga Citra Lestari Dipanggil BCL, Pertimbangkan Ribetnya di Backstage

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."