Rambut Rontok Sering Bikin Kesal, Coba Atasi dengan Makanan Tinggi Protein Ini

Ilustrasi rambut rontok.

kesehatan

Rambut Rontok Sering Bikin Kesal, Coba Atasi dengan Makanan Tinggi Protein Ini

Selasa, 15 Juni 2021 14:15 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda merasa sangat terganggu dengan rambut rontok yang Anda alami? Tentu saja Anda tidak bisa hanya menyesalinya. Ada berbagai faktor rambut Anda bisa rontok. Beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah ketidakseimbangan hormon, penyakit, ataupun reaksi buruk terhadap produk tertentu.

Berikut adalah beberapa asupan yang bisa Anda konsumsi untuk memperbaiki masalah rambut rontok dan memaksimalkan pertumbuhan akar. Salah satu cara terbaik adalah mengkonsumsi makanan sehat. sehingga dapat mendukung perkembangan tubuh kita, terutama pada rambut! Helai rambut kita sebagian besar terdiri dari protein.

Oleh karena itu, dengan memperbanyak makanan yang mengandung dengan kandungan protein akan mendukung pertumbuhan rambut yang sehat, terutama pada telur. Telur memiliki kandungan protein sama seperti ayam, namun juga mengandung biotin yang menjadi binus vitamin terutama di dalam pertumbuhan.

Kandungan di dalam biotin juga sering dipakai sebagai kandungan yang direkomendasikan untuk rambut, kulit dan kuku yang lebih sehat. Ahli kulit, yakni Rachael Buns mengatakan bahwa biotin merupakan komponen inti lain dalam produksi protein rambut, yang disebut sebagai keratin. Zinc dan selenium juga berkontribusi pada pertumbuhan rambut.

Menurut ahli bedah restorasi rambut bersertifikat, yakni Alan J. Bauman, mengatakan bahwa kandungan Zinc membantu dalam menjaga kulit kepada dan rambut menjadi sehat, membantu meningkatkan pertumbuhan, memperbaiki jaringan, mengatur hormon (termasuk testoteron), dan membantu menjaga produksi kelenjar penghasil minyak di kulit kepala.

Untuk mengetahui seberapa banyak protein yang dapat Anda konsumsi, setiap orang sebenarnya memiliki kebutuhan protein yang cukup bervariasi, yakni tergantung dari gaya hidup dan jenis kelamin anda. Umumnya, kebutuhan harian yang dianjurkan adalah 0,8 gram per kilogram dari berat badan anda.

Sumber protein lainnya yang juga cukup berharga adalah kacang-kacangam, ayam, tahi dan makanan laut. Dalam proses penyembuhan atau pemulihan, maka memerlukan waktu untuk berproses. Namun, dengan membantu memberikan asupan yang mendukung kepada tubuh, maka akan memberikan dorongan pertumbuhan bagi rambut Anda secara alami. Sedangkan, jika kerontokan pada rambut Anda cukup parah, perlu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mengetahui akar masalah penyebabnya.

Baca: Mengenal Transplantasi Rambut, Jenis, dan Kemungkinan Risikonya