5 Manfaat Kunyit untuk Tubuh, Salah Satunya Bisa Mengatasi Peradangan

Ilustrasi kunyit beserta daunnya (Pixabay.com)

kesehatan

5 Manfaat Kunyit untuk Tubuh, Salah Satunya Bisa Mengatasi Peradangan

Selasa, 8 Juni 2021 10:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Kunyit banyak digunakan dalam banyak resep masakan Nusantara. Bukan hanya membuat makanan bisa terasa lezat, ada banyak manfaat kunyit yang bisa diserap manusia. Ini semua karena curcumin yang merupakan bahan aktif dalam kunyit.

Curcumin adalah bahan aktif dalam kunyit, dan memiliki sifat biologis yang kuat. Pengobatan Ayurveda, sistem pengobatan tradisional India, merekomendasikan kunyit untuk berbagai kondisi kesehatan. Ini termasuk nyeri kronis dan peradangan. Kini pengobatan Barat telah mulai mempelajari kunyit sebagai pereda nyeri dan agen penyembuhan.

Berikut adalah manfaat dari kunyit yang bisa Anda dapatkan. 

Anti-peradangan

Dikutip dari Medical News Today, The Arthritis Foundation, mengutip beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa kunyit telah mengurangi peradangan. Kemampuan anti-inflamasi ini dapat mengurangi rasa tak menyenangkan penderita radang sendi di persendian mereka.

Anda disarankan untuk mengonsumsi kapsul 400 hingga 600 miligram (mg) kunyit hingga tiga kali sehari untuk meredakan peradangan.

Menghilangkan rasa sakit

Banyak orang, termasuk dokter, mengutip pengalaman anekdot mereka sendiri dengan kunyit sebagai pereda nyeri. Rempah-rempah ini juga terkenal dapat meredakan nyeri radang sendi.

Sejumah studi mendukung kunyit untuk menghilangkan rasa sakit. Studi itu mencatat bahwa itu tampaknya bekerja sebaik ibuprofen (Advil) pada orang dengan radang sendi di lutut mereka. Meskipun rekomendasi dosis tampaknya bervariasi, mereka yang berpartisipasi dalam penelitian ini mengonsumsi 800 mg kunyit dalam bentuk kapsul setiap hari.

Meningkatkan fungsi hati

Kunyit telah mendapatkan perhatian baru-baru ini karena kemampuan antioksidannya. Efek antioksidan kunyit tampaknya sangat kuat sehingga dapat menghentikan kerusakan hati Anda oleh racun. Ini bisa menjadi kabar baik bagi orang yang menggunakan obat untuk diabetes atau kondisi kesehatan lain yang mungkin melukai hati mereka dengan penggunaan jangka panjang.

Mengurangi risiko kanker

Kunyit dipercaya bisa mengobati kanker. Satu studi menyatakan bahwa rimpang ini memiliki efek perlindungan terhadap kanker pankreas, kanker prostat, dan multiple myeloma.

Membantu pencernaan

Kunyit berperan penting dalam membantu tubuh mencerna makanan. Selain itu karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya, kunyit dapat berkontribusi pada pencernaan yang sehat.

Kunyit digunakan dalam pengobatan ayurveda sebagai agen penyembuhan pencernaan. Namun, saat ini pengobatan Barat telah mulai belajar kunyit dapat membantu peradangan usus dan permeabilitas usus, yang merupakan dua ukuran efisiensi pencernaan Anda. Manfaat kunyit kini tengah dieksplorasi sebagai pengobatan untuk sindrom iritasi usus besar.

Baca juga: 5 Ramuan Kunyit Ini Bisa Bantu Atasi Jerawat, Ada Kunyit dan Madu

MEDICAL NEWS TODAY