Hindari 4 Kesalahan Ini saat Menghapus Makeup, Salah Satunya Memakai Tisu Basah

Ilustrasi wanita membersihkan wajah. Freepik.com/Gpointstudio

kecantikan

Hindari 4 Kesalahan Ini saat Menghapus Makeup, Salah Satunya Memakai Tisu Basah

Sabtu, 5 Juni 2021 07:08 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah perempuan kerap mengaplikasikan riasan atau makeup saat keluar rumah ataupun bekerja secara daring. Sebab makeup bisa meningkatkan rasa percaya diri dan melengkapi penampilan saat itu.

Meski bermanfaat untuk penampilan, makeup bisa berisiko untuk wajah jika menghapus dengan cara yang salah. Menghapus makeup juga harus dengan langkah yang tepat agar tidak merusak  jaringan kulit. Selain itu, juga membantu cegah jerawat dan pori-pori tersumbat.

Hindari 4 kesalahan ini saat menghapus makeup untuk menjaga kesehatan kulit wajah

1. Tisu basah

Karena aktivitas sehari-hari yang begitu melelahkan, menghapus makeup dengan tisu basah biasa dianggap sebagai cara praktis. Namun, justru tisu basah tidak akan menghapus riasan dengan efektif. Masih akan ada sisa riasan yang menempel, bahkan berisiko memindahkan kotoran dari satu area wajah ke area lain.

2. Pakai pembersih buatan sendiri

Membuat makeup dari bahan alami bukan langkah yang salah, begitu pula dengan produk untuk menghapus makeup. Namun jangan digunakan untuk jangka panjang. Sebab formulanya hadir tanpa takaran yang tepat. Jika salah, justru akan membuat masalah baru di wajah.

Baca juga: Rutinitas Skincare dan Makeup Amanda Manopo, Tidak Pernah Pakai Foundation

3. Terlalu keras menggosok wajah

Beberapa jenis makeup, seperti makeup waterproof cenderung sulit dihapus. Maka dari itu, dibutuhkan tenaga ekstra guna menghilangkannya dengan cara menggosoknya keras-keras. Tapi ternyata, kebiasaan tersebut justru merusak kulit. Pilihlah produk pembersih yang memang tercipta untuk menghapus makeup waterproof, sehingga mudah menghapus makeup dari wajah.

4. Pakai produk tidak tepat

Setiap jenis kulit wajah memiliki kecocokan yang berbeda pada tiap produk. Pilihlah produk yang cocok dengan kulit wajah agar tidak menimbulkan iritasi. Pelajari apa formula yang terkandung di dalam pembersih makeup tersebut. Jangan paksakan untuk dipakai kembali jika pada percobaan pertama hasilnya tidak maksimal.