6 Tips Berkebun di Rumah bagi Pemula

Ilustrasi urban farming/berkebun di perkotaan. Shutterstock

ragam

6 Tips Berkebun di Rumah bagi Pemula

Sabtu, 5 Juni 2021 06:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaBerkebun salah satu bentuk terapi, apalagi di masa pandemi saat kita banyak berkegiatan di rumah. Sebab proses merawat tanaman bisa memberikan rasa nyaman dan bahagia saat melihat "anak hijau" berkembang dari hari ke hari.

Jika kamu ingin mulai berkebun, berikut sederet tips yang bisa diikuti dikutip dari Pink Villa, 4 Juni 2021.

1. Miliki alat-alat berkebun

Langkah pertama dan terpenting adalah mengumpulkan semua alat penting yang Anda butuhkan untuk berkebun. Dari sekop hingga kultivator sebaiknya dimiliki. Pastikan Anda memiliki alat untuk menggali tanah, menyiram, menyiangi, gunting pemangkasan, sepasang sarung tangan dan sepatu bot berkebun.

2. Pilih tempat yang tepat

Pastikan tempat berkebun Anda memiliki cahaya matahari yang cukup. Selain itu, dekat dengan sumber air agar memudahkan saat menyiram.

Baca juga: Mengenal 5 Tanaman Hias Philodendron yang Menarik untuk Dikoleksi

3. Pastikan pH tanah

Tanah harus kaya nutrisi. Uji tingkat pH tanah Anda, idealnya antara 6,0 dan 7,0. Selain itu, tingkat fosfor dan kaliumnya harus tinggi karena planet membutuhkan nutrisi ini dari tanah.

4. Pilih jenis tanaman

Pastikan Anda memilih jenis tanaman yang tepat berdasarkan tempat tinggal dan  jenis tanahnya. Jika taman Anda mendapat banyak sinar matahari, pilihlah dahlia, peony, atau jika taman Anda teduh, pilihlah tanaman inang dan pakis.

5. Tambahkan mulsa untuk mencegah gulma

Tambahkan lapisan mulsa, seperti jerami, serbuk gergaji, dedaunan, di sekitar pangkal tanaman untuk menghindari gulma dan menjaga kelembapan tanah. Anda juga dapat membuat kompos dari sampah dapur dan menambahkannya ke tanah untuk mendapatkan nutrisi tambahan.

6. Rutin menyiram tanaman

Pada akhirnya, ini semua tentang menyirami tanaman secara berkala. Saat Anda melewatkan satu hari, semuanya sia-sia. Ingatlah untuk menyirami tanaman Anda secara teratur. Pastikan air sampai ke akar dan bukan hanya daun.

Selamat mulai berkebun bagi pemula... 

PINK VILLA