5 Alasan Selalu Pakai Kacamata Hitam saat Keluar Rumah, Menurut Pakar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita dengan kacamata hitam. shutterstock.com

Ilustrasi wanita dengan kacamata hitam. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jangan remehkan pentingnya memakai kacamata hitam saat keluar rumah. Kacamata hitam bisa melindungi mata dan kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Ini juga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mata seiring dengan pertambahan usia. 

Lilan Le, dokter spesialis mata di studio optik Heywear, menganjurkan untuk memakai kacamata setiap kali keluar rumah. 

“Selain mengurangi kecerahan berada di luar ruangan untuk penglihatan yang nyaman, kacamata hitam mengurangi paparan sinar ultraviolet atau UV berbahaya yang melindungi bagian sensitif mata kita,” kata dokter Le, seperti dikutip Well and Good, Selasa, 1 Juni 2021.

Ia juga menjelaskan kacamata hitam sebaiknya dipakai dalam kondisi apa pun, bukan hanya saat terik matahari. Alasannya sinar ultraviolet bisa menembus awan sekalipun dalam kondisi berawan. "Selain itu, mengenakan topi bersama dengan kacamata hitam akan mengurangi paparan," tambahnya.

Dokter Le memaparkan sejumlah masalah mata yang bisa terjadi jika tak memakai kacamata hitam saat aktivitas di luar rumah.

1. kanker kulit

"Kanker kulit dapat terjadi di kelopak mata kita sama seperti halnya bagian lain dari tubuh kita yang disebabkan efek keras dari paparan radiasi sinar UV jangka panjang," tutur dokter Le. Pastikan juga Anda mengaplikasikan tabir surya di sekitar kelopak mata.

2. Mata peselancar

"Pterygium/pingnuecula adalah pertumbuhan dari jaringan yang menyebar dari putih mata kita menuju pusat optik mata kita di kornea kita," ungkap dokter Le. "(ini) juga sebagai mata peselancar atau sufer's eye karena pantulan sinar matahari dari permukaan air yang meningkatkan paparan untuk peselancar.

Bila tidak lansgung diobati, dapat mengubah jaringan kornea yang menyebabkan distorsi atau kehilangan penglihatan."

Baca juga: 4 Trik Atasi Masalah Kacamata di Rumah, Termasuk Pakai Hairdryer

3. Katarak

"Katarak terjadi ketika lensa mata menjadi buram atau berkabut akibat penurunan kejernihan visual dan berpotensi kebutaan jika tidak segera diobati,"jelas dokter Le. "Ini kondisi yang sering terjadi yang berkembang perlahan selama bertahun-tahun seiring bertambahnya usia, tetapi paparan sinar ultraviolet dapat meningkatkan kecepatan perkembangannya."

4. Fotokeratitis

"Fotokeratitis merupakan luka bakar kornea yang terjadi karena sinar UV yang kuat dan paling sering terlihat seharian di pantai atau lereng," ucapnya. "Ini bisa menimbulkan gejala penglihatan kabur, sensivitas cahaya, dan nyeri."

5. Degenerasi makula

"Degenerasi makula merupakan efek samping yang dapat menyebabkan kehilangan pusat penglihatan sentral. Makula adalah pusat retina kita dimana kita dapat melihat dngan jelas dengan mata kita," ungkapnya. "Umumnya sebagian besar sinar berbahaya disaring dengan kornea dan lensa, tetapi ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa sinar yang tersisa dapat menyebabkan kerusakan retina yang meningkatkan resiko degenerasi makula."

Jangan lupa pakai kacamata saat keluar rumah, ya. Manfaatnya bisa mencegah gangguan kesehatan mata, seperti lima di atas di antaranya.

NATHASYA ESTRELLA | WELL AND GOOD

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."