Nagita Slavina Masak Sambal Embe di Kuali Besar, Kuncinya Aduk Terus

(Paling kanan) Nagita Slavina bersama temannya yang juga pebisnis skincare, Maharani Kemala, memasak sambal embe khas Bali. Foto: tangkapan YouTube Rans Entertainment

kuliner

Nagita Slavina Masak Sambal Embe di Kuali Besar, Kuncinya Aduk Terus

Rabu, 2 Juni 2021 12:06 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Artis Nagita Slavina kerap membagikan aktivitasnya saat memasak dalam jumlah yang banyak. Melalui beberapa vlog di kanal YouTube Rans Entertainment, Gigi begitu ia akrab disapa pernah menunjukkan memasak lele, lobster, hingga rendang dalam jumlah yang banyak di kuali besar. Di vlog terbarunya, ia memperlihatkan proses memasak sambal embe atau bawang goreng khas Bali saat tengah berlibur di sana pada akhir Mei silam.

"Aku mo bikin sambal embe, sambal khas Bali," ucap Gigi di kanal YouTube Rans Entertainment, Selasa, 1 Juni 2021. Gigi tak sendirian, ia ditemani temannya yang tinggal di Bali sekaligus pebisnis kecantikan, Maharani Kemala.

"Jadi apa aja bumbunya, mami (Maharani Kemala)? Tadi ada cabai 5 kilogram," tanya Gigi. 

Lalu, Maharani menjelaskan, selain cabai, juga ada bawang merah, bawang putih, garam, dan terasi yang menjadi bumbu sambal embe. "Udah gitu doang, tapi caranya itu terasi sama garam harus digabungin dulu. Biar gampang," kata pemilik skincare MS Glow itu.

Usai menjelaskan bumbu, keduanya mulai memasak dengan memasukkan bawang merah sebanyak lima kilogram ke kuali besar yang sudah berisi minyak panas. Menurut Maharani, bawang merah terlebih dahulu dimasak karena lebih lama matangnya. Ia lalu mengingatkan Gigi untuk memasukkan bawang putih saat bawang merahnya sudah setengah matang.

(Paling kiri) Nagita Slavina bersama temannya yang juga pebisnis skincare, Maharani Kemala, memasak sambal embe khas Bali. Foto: tangkapan YouTube Rans Entertainment

Sambil menunggu Gigi mengaduk terus bawang merahnya, Marahani mencampur garam dan terasi menjadi satu. Ia memakai sarung tangan saat mencampur kedua bahan itu."Biar gampang (dimasak) dan tidak menggumpal," jelasnya.

Maharani juga menyampaikan untuk memasak bawang merah dan bawang putih hingga kering seperti bawang goreng sesuai nama sambalnya. Tapi itu tak berlaku untuk cabainya. "Ini (caba merahi) gak boleh kering," tuturnya sambil menunjuk baskom biru yang berisi cabai merah sebanyak lima kilogram.

Untuk mencegah bawang gosong, keduanya bergantian mengaduk terus-menerus. "Ini namanya sambal gotong royong," ucap istri Raffi Ahmad itu. "Aduk terus," tambahnya dan sesekali memicingkan matanya karena perih dan kepanasan.

Baca juga: Perdana Goreng Puluhan Ikan Lele di Wajan Besar, Nagita Slavina: Panas Banget

(Paling kiri) Nagita Slavina bersama temannya yang juga pebisnis skincare, Maharani Kemala, memasak sambal embe khas Bali. Foto: tangkapan YouTube Rans Entertainment

Saat bawang merah dan putih sudah berubah kecoklatan dimasukkan terasi dan garam yang sudah dicampur. Aduk kembali hingga merata. Setelah aroma terasinya menyeruak, Gigi dan Maharani menambahkan cabai merah secukupnya. Mereka tidak memasukkan cabai merah 5 kilogram yang telah disiapkan. Lagi-lagi, mereka mengaduk cabai sebab itu kunci memasak sambal embe.

Gigi lalu mencicipi sambal embe buatannya dengan nasi dan ikan bakar. "Harus pakai nasi," ucap ibu Rafathar Malik Ahmad itu. "Gila pedes banget," komentar Gigi saat mencicipi.

Tertarik membuat sambal embe seperti Nagita Slavina?